Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Spare Part Mobil Berbasis Web Menggunakan Metode ABC

wahyudin wahyudin, Ferry Kristiyanto

Sari


Persediaaan adalah unsur penting dalam sebuah perusahaan. Bukan hanya Standar operasional prosedur dalam persediaan namun pengendalian dan pengolahan sistem persediaan menjadi faktor penting dalam proses bisnis. Sistem Informasi Menggunakan Metode ABC berguna untuk membuat proses bisnis lebih efektif dan pengendalian dalam investasi persedian dapat di minimalkan. Tujuan Penelitian ini untuk membuat standard operating prosedure menjadi lebih efektif dan pengendalian atas investasi tetap terjaga pada Bengkel Tubagus Ban. Hasil dari penelitian ini menunjukan jika perlu nya membuat sebuah sistem yang terkomputerisasi agar proses bisnis pada bengkel tubagus ban ini dapat menjadi lebih baik. Hasil dari pengendalian persediaan menggunakan metode ABC pada Bengkel Tubagus ban ini menampilkan spare part jenis oli golongan A dengan 6 jenis spare part dan presentase permintaan sebesar 39,3%, golongan B dengan 8 jenis spare part dengan presentase permintaan sebesar 30,8% dan Golongan C yaitu 14 jenis spare part dengan presentase permintaan sebesar 29,9. Untuk jenis tire yaitu Golongan A dengan 5 jenis sparepart dan presentasi permintaan sebesar  41% , Golongan B dengan 8 jenis spare part dan presentase permintaan sebesar 38,5% dan golongan C yaitu 12 jenis spare part dengan presentase permintaan sebesar 20,5%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dunia, F. A., & Wasilah, A. (2013). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Farida, I., & Rozini, M. N. (2016). No Title. Pengendalian Persediaan Spare Part Dan Pengembangan Dengan Konsep 80-20(Analisis Abc) Pada Gudang Suku Cadang PT Astra International Tbk-Daihatsu Saes Operasional Cabang Tegal, (Jurnal Akuntansi SENIT), 163–169.

Tamodia, W. (2013). No Title. Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Intern Untuk Persediaan Barang Dagangan Pada PT. Laris Manis Utama Cabang Manado, 1 no.3(Jurnal EMBA), 20–29.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v1i1.6984

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v1i1.6984.g3735

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License