Analisis Dan Evaluasi Usability Website Bank Woori Saudara Indonesia Menggunakan Metode Usability Testing

Mutiara Putri Anjani, Ika Kurniawati, Fachri Amsury, Heriyanto Heriyanto

Sari


Abstrak  - Website Bank Woori Saudara (BWS) yang mulai aktif sejak 2014 hingga saat ini masih dalam tahap pengembangan dan belum pernah dievaluasi secara menyeluruh. Sebagai platform digital yang mendukung aktivitas perbankan, website BWS menyediakan berbagai informasi dan layanan. Salah satu aspek terpenting yang menentukan kualitas sebuah website adalah usability atau kegunaan. Evaluasi terhadap kegunaan dan efektivitas website menjadi penting untuk meningkatkan kemudahan serta kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada website BWS dengan menggunakan metode Usability Testing berdasarkan lima variabel, yaitu Learnability, Memorability, Efficiency, Errors, dan Satisfaction. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner secara daring. Penentuan jumlah sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 pengunjung website, sementara analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji Independent Sample T-Test menggunakan SPSS. Penilaian indikator usability dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian yang digunakan adalah valid dan reliabel. Evaluasi usability terhadap website BWS menunjukkan bahwa variabel Learnability, Efficiency, dan Errors berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Sebaliknya, Memorability tidak menunjukkan pengaruh signifikan dan perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan usability secara keseluruhan, disarankan agar website BWS memperbarui informasi, memperbaiki fitur yang ada, menambahkan fitur “Daftar” dan “Search Engine”, serta meningkatkan aspek Efficiency dan mengurangi kesalahan (Errors), sambil tetap menjaga aspek Memorability. Evaluasi juga perlu dilakukan secara berkala dengan melibatkan pengguna secara langsung. Dapat disimpulkan penelitian ini menekankan bahwa peningkatan aspek usability seperti pembaruan informasi, efisiensi navigasi, dan minimisasi kesalahan dapat meningkatkan kepuasan pengguna, sehingga website BWS dapat memenuhi standar usability yang baik dan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas layanan perbankan secara keseluruhan.

Kata Kunci: Analisis, evaluasi, usability testing, website. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiyanto, A., & Kurniawati, I. (2024). Analisa Usability Testing Pada Website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kemenparekraf untuk Mengukur Kepuasan Pengguna.

Evans Fuad, Regiolina, A. K. (2021). Evaluasi usabilitas website e-learning umri terhadap mahasiswa umri menggunakan metode usability testing. Jurnal Computer Science and Information Technology (CoSciTech), 2(2), 74–82. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/coscitech.v2i2.3029

Fadila Nurlatifah, S. A., & 1. (2024). ANALISA USABILITY TESTING PADA WEBSITE DESA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 8(1), 1–6.

Farzah, A., & Oktaviana, S. (2022). Analisa Usability Website BAKTI-Kemkominfo Menggunakan System Usability Scale. Multinetics, 8(1), 17–27. https://doi.org/10.32722/multinetics.v8i1.4495

Larasati, I. (2020). Evaluasi Penggunaan Website Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Computatio : Journal of Computer Science and Information Systems, 4(1), 68. https://doi.org/10.24912/computatio.v4i1.6689

Lilis L. Rajaguguk, Budiharto, S. N. L. (2017). Tanggung Jawab Bank Dalam Penerbitan Kartu Kredit Tambahan Tanpa Seijin Pemegang Utama Kartu Kredit. Diponegoro Law Journal, 6(02), 1–9. https://www.academia.edu/34113996/EKSISTENSI_HUKUM_KONTRAK_INNOMINAT_DALAM_RANAH_BISNIS_DI_INDONESIA

Mashuri, C., Putra, R. A. Y., Putri, U. S., & Indonesia, P. R. C. (2022). Monograf Aplikasi Pembelajaran Daring Dengan Learning Management System (Studi Kasus: Evaluasi Usability Testing Dan Webqual 4.0). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Nanincova, N. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan noach cafe and bistro. Agora, 7(2), 287057.

Sausan, Y. R., Natasia, S. R., & Amalia, D. N. (2023). Evaluasi Website Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan Dengan Metode Website Usability Evaluation. IJIS - Indonesian Journal On Information System, 8(2), 151. https://doi.org/10.36549/ijis.v8i2.266

Setiawan, A., & Widyanto, R. A. (2018). Evaluasi website perguruan tinggi menggunakan metode usability testing. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 295–299.

Sri Hijriah, & Dedi Irawan. (2023). Analisis Website E-Government Kecamatan Menggunakan Metode Usability Testing. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 5(3), 419–430. https://doi.org/10.31849/zn.v5i3.15798

Suryawan, I. G. T., Satyawati, I. G. A. A. A., Purnama, I. W. A., & Arsana, I. M. D. P. (2022). Evaluasi Dan Redesign Website Menggunakan System Usability Scale Dan Automated Software Testing. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 11(1), 18–28. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v11i1.40785




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v7i1.25705

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License