Metode Servqual Dalam Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Website Informasi Pangan Jakarta (IPJ)
Sari
Abstrak - Perusahaan Daerah Pasar Jaya resmi didirikan berdasarkan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada tanggal 24 Desember 1966. Pasar Jaya merupakan perusahaan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berperan dalam pengelolaan dan pengembangan pasar tradisional di wilayah Jakarta. Didirikan dengan tujuan untuk memastikan ketersediaan, kestabilan harga, dan distribusi pangan yang merata. Informasi Pangan Jakarta (IPJ) adalah website dan aplikasi mobile yang membantu mencari informasi mengenai bahan-bahan yang ada di pasar tradisional Jakarta. Aplikasi tersebut diluncurkan pada 26 Juni 2014 dan dikembangkan oleh Tim Pengelola Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta, Bank Indonesia, dan Perumda Pasar Jaya, masalah yang dihadapi pengguna website seperti lambatnya waktu muat, informasi harga yang tidak real-time, dan navigasi yang kurang ramah ponsel yang dapat mengurangi minat dan menghambat pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini, untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna pedagang pasar atau masyarakat. Sampel terdiri dari 100 pedagang pasar di daerah Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan deskriptif data dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode probability sampling dengan teknik random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel secara acak dengan menggunakan metode ServQual. Dari hasil pengujain uji F menjelaskan bahwa varianel kualitas layanan dengan dimensi tanggapan, keandalan, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai nilai fhitung 13,776 melebihi nilai ftabel 2,298, dan nilai signifikansi <0,001 lebih kecil dari 0,05. Untuk variabel kualitas layanan (X) berpengaruh sebesar 42,3% terhadap kepuasan pengguna.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna, Informasi Pangan Jakarta, Metode ServQual
DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v6i2.23584
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v6i2.23584.g6670
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v6i2.23584.g6671
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.