Sistem Penunjang Keputusan Untuk Pemilihan Siswa Berprestasi Di SDN Pulogadung 01 Pg Dengan Metode SAW

Biru Epa Damainingati, Rifky Permana

Sari


Pendidikan di sekolah dasar adalah tahap penting dalam pembentukan karakter dan kemampuan siswa, seperti yang terlihat di SDN Pulogadung 01 PG. Sekolah memiliki tanggung jawab untuk mengidentifikasi dan mendukung siswa berprestasi agar mencapai potensi maksimal mereka. Saat ini, pemilihan siswa berprestasi di SDN Pulogadung 01 PG masih dilakukan secara manual, yang mengakibatkan proses perhitungan menjadi kurang efektif dan objektif. Selain itu, hanya kriteria nilai rapor yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem penunjang keputusan berbasis web dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk memilih siswa berprestasi dengan kriteria yang lebih komprehensif, yaitu rata-rata nilai rapor, nilai kehadiran, dan nilai kegiatan ekstrakurikuler. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Setelah pengumpulan data, dilakukan pemrosesan data, diikuti dengan perbandingan perhitungan antara metode manual dan sistem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan antara perhitungan manual dan sistem berbasis web menghasilkan hasil yang 100% identik dan akurat, sehingga mencapai tujuan dari pembuatan sistem penunjang keputusan berbasis web ini. Sistem ini membuat pemilihan siswa berprestasi yang dilakukan oleh SDN Pulogadung 01 PG menjadi lebih cepat, lebih efektif, dan lebih objektif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, I., Zulkarnain, I., Ulan Bani, A., & Fauziyah. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Berprestasi Pada SD Muhammadiyah 3 Depok Dengan Metode SAW. Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 1(1), 52–69. https://doi.org/10.56854/jt.v1i1.19

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31.

Apriyanti, L., Yuliyanti, S., & Helfiyan, Y. (2021). Sistem Rekomendasi Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 48–57. https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v10i2.157

Ardiansyah, Mahendra, G. S., Rahayu, P. W., Sriyeni, Y., Purnama, J., Hartati, E., Huda, M., Dedih, Meilani, Y. I., Triwahyuni, A., Antesty, S., Adnyana, G. F., Amin, M. M., & Yanuarsyah, I. (2024). Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan (Sepriano & Efitra (eds.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Marpaung, E. A. P., Mawadah, M., & Sari, I. M. (2023). Sistem pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Dengan Metode Simple Additive Weighting Pada SMA Swasta Cahaya Medan. Jurnal Sains Komputer Dan Sistem Informasi, 1(1), 29–37.

Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. In A. Saifudin (Ed.), Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Issue Mei). StaiaPress.

Refiza. (2019). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Seleksi Tenaga Kerja. Semnastek Uisu, 164–169. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/1306

Setiadi, A., Yunita, Y., & Ningsih, A. R. (2018). Penerapan Metode Simple Additive Weighting(SAW) Untuk Pemilihan Siswa Terbaik. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(2), 104–109. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i2.572

Setyani, I. A., & Sipayung, Y. R. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Siswa Berprestasi dengan Metode SAW (Simple Addtive Weighting). Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 4(4), 632. https://doi.org/10.30865/json.v4i4.6179




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v6i2.23552

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v6i2.23552.g6669

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License