Rancang Bangun Aplikasi Ujian Online RUMUS (Rumah Sukses) Berbasis Android Menggunakan Metode Extreme Programming (XP)

Tika Adilah M, Abdul Aziz Karim Romadhon, Java Eka Sabda Alam, Dante Rio Sebastian

Sari


RUMUS (Rumah Sukses) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bergerak dibidang bimbingan belajar dalam naungan departemen pendidikan paguyuban KSE UNJ. Lembaga ini berfokus pemberian bekal dengan mengadakan simulasi ujian terhadap siswa/i lulusan SLTA sederajat yang ingin mengikuti UMPTN. Simulasi ujian yang dilakukan masih menggunakan metode konvensional dengan melaksanakan ujian pada tempat dan waktu tertentu, melakukan pencetakan lembaran soal dan jawaban, dan pemeriksaan hasil secara manual yang memakan waktu. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, dibutuhkan sebuah sistem aplikasi ujian online berbasis android. Penggunaan metode Extreme Programming (XP) akan membantu dalam proses perubahan alur sistem yang ekstrim dan cepat. Extreme Programming (XP) juga sangat mendukung pengembangan suatu sistem aplikasi yang dalam pengembangannya melibatkan skala tim yang kecil. Pengembangan aplikasi ujian online berbasis android diharapkan membantu pelaksanaan ujian berjalan lebih fleksibel yang dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun, tidak perlu melakukan penggandaan kertas yang memakan biaya dan dapat berdampak buruk bagi lingkungan, serta dapat membantu tenaga pendidik di lingkungan RUMUS (Rumah Sukses) dalam mempersingkat waktu memeriksa hasil ujian karena hasil akan didapat secara real-time.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasanah, L., Putri, M. A., Hanin, A. H., & Siregar, W. S. (2022). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Bagi Peserta Didik. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.25008/jitp.v2i2.33

Herwansyah, D., & Puspasari, R. (2023). Aplikasi Ujian Online Pada Sekolah MAN 4 Medan Berbasis Android. JID, 770. http://kti.potensi-utama.ac.id/index.php/JID

Krisnanda, M. (2019). Sistem Ujian Daring Berbasis Mobile. Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2). www.unima.ac.id/lppm/efrontiers

Marhadi, A., Darmansyah, & Fitria, Y. (2023). Keterampilan Berpikir Komputasi Bagi Siswa: Tinjauan Pustaka. Jurnal Cendikia Pendidikan Dasar, 1(2), 48–52. https://doi.org/10.24036

Mubarok, H., Darnoto, & Mahendra, D. (2021). Aplikasi Asesmen HOTS Berbasis Android di SMK Al-Hidayah Jepara. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 438–447.

Prastomo, A. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM UJIAN ONLINE BERBASIS ANDROID: STUDI KASUS SMP YAMAD BEKASI. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 4(3).

Saquro, A., & Assegaff, S. (2019). ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI UJIAN BERBASIS ANDROID PADA SMKN 3 KOTA JAMBI. In Jurnal Manajemen Sistem Informasi (Vol. 4, Issue 3).

Supriyatna, A. (2018). METODE EXTREME PROGRAMMING PADA PEMBANGUNAN WEB APLIKASI SELEKSI PESERTA PELATIHAN KERJA. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.15408/jti.v11i1.6628

Suryani, K., Khairudin, Widyastuti, R., & Saib, M. I. F. (2022). Aplikasi Ujian Semester Berbasis Android bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 28–42. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3594




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v6i2.22889

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v6i2.22889.g6665

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License