Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Smart DTD Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction

Yuli Komalasari, Surtika Ayumida

Sari


Dalam konteks kampanye politik, khususnya kampanye door-to-door, tantangan untuk meningkatkan kinerja tim kampanye dan memastikan efektivitas menjadi fokus utama. Pemanfaatan teknologi, seperti aplikasi Smart DTD, untuk mengatasi beberapa masalah seperti dalam kampanye politik. Aplikasi ini hadir sebagai solusi terarah dengan mengintegrasikan teknologi, pemantauan real-time, analisis data, dan fitur lainnya untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan transparansi kampanye politik. Selain itu, aplikasi ini berpotensi membawa perubahan positif dalam pelaksanaan kampanye politik. Penelitian ini mengambil kasus kepuasan pengguna pada aplikasi Smart DTD, bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna aplikasi Smart DTD berdasarkan metode End User Computing Satisfaction (EUCS), ada lima dimensi pengukurannya yaitu content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Proses analisis digunakan tahapan penarikan sampel responden yang ada di wilayah Jawa Barat mencakup 6 daerah yaitu, Ciamis, Kuningan, Pangandaran, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya. Tahapan berikutnya analisis data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan uji t dan uji f untuk menguji hipotesis, dan penilaian dengan skala likert. Untuk menunjang penelitian, peneliti melakukan observasi, wawancara, studi literatur sejenis, dan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pengguna terhadap aplikasi Smart DTD memenuhi kriteria kualitas yang baik, dengan presentase yaitu 65.5% yang bisa diartikan kepuasan pengguna aplikasi Smart DTD masuk dalam kategori cukup puas dengan artian aplikasi tersebut mudah di gunakan oleh orang awam, mudah di pahami, serta mudah di akses dimanapun dan kapanpun.

 

Kata Kunci: Aplikasi Smart DTD, Metode EUCS, Uji T dan Uji F


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Arisoemaryo, B. S., Prasetio, R. T., Sanjaya, A. R., Adhirajasa, U., Sanjaya, R., User, E., Satisfaction, C., & Pengguna, K. (2022). Analisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi JMO dimana dalam penelitian ini penulis menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Responsif, 4(1), 110–117.

Bawardi, F. S., Rachmadi, A., & Wardani, N. H. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(8), 7694–7700.

Darwati, Lilis, F. (2022). Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 12(2), 34–42.

Haryono, E., Slamet, M., & Septian, D. (2023). Statistika SPSS 28. PT Elexmedia Komputindo. Jakarta., 1–23.

Karomatunnisa, H., Nur Afiana, F., Rifai, Z., Oktaviana, L. D., Yunita, I. R., Aji, R. P., & Anwar, T. (2022). End User Computing Satisfaction (EUCS) untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile Assesment Minat Anak Di Hompimpaa Alaium Gambreng. Jurnal Rekayasa Informasi, 11(1), 1–8.

Novendri, M. S., Saputra, A., & Firman, C. E. (2019). APLIKASI INVENTARIS BARANG PADA MTS NURUL ISLAM DUMAI MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL. Lentera Dumai, 10(2), 46–57.

Novita, D., & Helena, F. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 22–37. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i1.846

Rahayu, E. F. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi UG In Your Hand Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). ICIT Journal, 6(2), 213–226. https://doi.org/10.33050/icit.v6i2.1118

Saputri, N. A. O., & Alvin, A. (2020). Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method. Journal of Information Systems and Informatics, 2(1), 154–162. https://doi.org/10.33557/journalisi.v2i1.43

Setiawan, H., Novita, D., Studi, P., Informasi, S., Multi, U., & Palembang, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS User Satisfaction Analysis of the KAI Access Application as a Train Ticket Booking. 2(2), 162–175.

Sholihah, R., & Indriyanti, A. D. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 3(3), 102–109.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v6i1.22195

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v6i1.22195.g6472

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License