Perancangan User Interface & User Experience Aplikasi TipsnTrip Menggunakan Metode Design Thinking

Ahmad Miftahul Azisz, Wahyu Andhyka Kusuma

Sari


Pertumbuhan jumlah objek wisata di Indonesia yang semakin tinggi dapat mempengaruhi nilai kepuasan dari para wisatawan. Fakta terkait hal tersebut menunjukkan bahwa semakin banyak pilihan objek wisata membuat wisatawan merasa bingung akan pilihan destinasi wisatanya. Salah satu strategi yang seringkali digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah membuat catatan/daftar objek wisata sebelum pergi berwisata. Terlepas dari manfaat strategi tersebut, wisatawan mengeluhkan tingkat kesulitan dalam membuat daftar objek wisata yang dilengkapi dengan durasi waktu tempuh dan rencana biaya. Terlebih apabila wisatawan belum pernah mengunjungi wilayah yang akan dituju. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk a) mengkaji suatu permasalahan, melawan asumsi, dan memahami kebutuhan pengguna terkait permasalahan yang terjadi b) mengimplementasikan solusi kreatif melalui pengembangan sebuah aplikasi dalam pembuatan catatan/daftar objek wisata secara otomatis yang kemudian diberi nama “TipsnTrip”. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking, dimana untuk mengembangkan sebuah aplikasi perlu adanya UI/UX yang runtut agar nilai kenyamanan pengguna dapat diwujudkan. Hasil penelitian ini adalah prototype mobile yang telah dievaluasi menggunakan SUS dan UEQ. Evaluasi SUS mengungkapkan bahwa praktik penerapan pada rancangan UI/UX aplikasi TipsnTrip memperoleh tingkat kepuasan yang baik dengan skor sebesar 84,67 serta memperoleh hasil dengan kategori Good pada 4 aspek dari total keseluruhan aspek pengujian UEQ.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Faruq, M. N. M., Nur’aini, S., & Aufan, M. H. (2022). PERANCANGAN UI/UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM DENGAN FIGMA. Walisongo Journal of Information Technology, 4(1), 43–52.

Arief, I., Muluk, A., Indrapriyatna, A. S., & Falevy, M. (2021). Pengembangan Antarmuka Portal Universitas untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(6), 1052–1061.

Auliasari, R. P., Tolle, H., & Priharsari, D. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Peserta Event Berbasis Sistem Dengan Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Dilo Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(5), 1921–1928.

Azmi, M., Khairul Huda, A., & Setiyanto, A. (2020). PEMANFAATAN DATA INSTAGRAM UNTUK MENGETAHUI REPUTASI TEMPAT WISATA DI LOMBOK. Jurnal TEKNIMEDIA, 1(1), 39–46.

Cahya Wardhana, A., Anggraini, N., & Rozy, N. F. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI WEB PERANCANGAN AGENDA PERJALANAN WISATA MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE LIFECYCLE. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8(2), 303–310.

Direktorat Statistik Keuangan, T. I. dan P. (2023). Statistik Objek Daya Tarik Wisata 2021 (T. I. dan P. Direktorat Statistik Keuangan, Ed.). Badan Pusat Statistik.

Fiqri Widiyantoro, M., Ridwan, T., Heryana, N., & Voutama, A. (2022). Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Metode Design Thinking. JURNAL FASILKOM, 13(2), 121–131.

Frobenius, A. C. (2021). Perencanaan dan Evaluasi User Interface untuk Aplikasi Tunanetra Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Center Design dan QUIM Evaluation. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(2), 135–143.

Hilmi Hibatullah, M., & Kartika Dewi, R. (2019). Implementasi Topsis Pada Sistem Rekomendasi Tempat Wisata Pantai Di Sekitar Malang Berbasis Lokasi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3368–3373.

Isadora, F. R., Hanggara, B. T., & Mursityo, Y. T. (2021). PERANCANGAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE HOMECARE RUMAH SAKIT SEMEN GRESIK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8(5), 1057–1066.

Kesuma, D. P. (2021). Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring Di Universitas XYZ. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(3), 1615–1626.

Kurniawan, G., Adnan, F., Putra, J. A., Jember, U., & Korespondensi, P. (2023). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI E-COMMERCE KAIN BATIK PADA UMKM REZTI’S BATIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 10(3), 551–560.

Lutfi Lazuardi, M., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 02(01), 1–11.

Nasution, W. S. L., & Nusa, P. (2021). UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method. ARRUS Journal of Engineering and Technology, 1(1), 18–27.

Pamungkas, G., & Zamzamy, A. (2023). ANALISIS FRAMING KOMPARASI NEGOSIASI PENYANDERAAN PILOT SUSI AIR PADA MEDIA KOMPAS.COM DAN SUARA PAPUA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(9), 4175–4180.

Putra Githa, D., Purnami, D., & Putri, S. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM REKOMENDASI DESTINASI WISATA DI BALI. SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY JOURNAL, 2(2), 81–90.

Shan, X., Neo, V. Z. Y., & Yang, E. H. (2021). Mobile app-aided design thinking approach to promote upcycling in Singapore. Journal of Cleaner Production, 317, 1–14.

Subarjah, V. A., & Ari Purno Wahyu. (2022). Analysis and Design of User Interface and User Experience of Regional Tax Enterprise Resources Planning System with Design Thinking Method. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 96–106.

Veni Manik, Hetty Primasari, C., Yohanes Priadi Wibisono, & Aloysius Bagas Pradipta Irianto. (2021). Evaluasi Usability pada Aplikasi Mobile ACC.ONE menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Usability Testing. Jurnal Sains Dan Informatika, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.34128/jsi.v7i1.286




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v5i2.20915

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v5i2.20915.g6298

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License