Rancang Bangun Aplikasi Evaluasi Pengantar Sistem Informasi (ELUPSI) Berbasis Android

Yudha Herlambang Cahya Pratama, Ari Cahaya Puspitaningrum, Mohammad Al Hafidz, Heri Supriyanto, Muhammad Septama Prasetya, Laqma Dica Fitrani

Sari


Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas telah memperoleh Akreditasi Institusi A dari BAN-PT dan selalu berupaya dalam pengembangan media pembelajaran daring untuk mendukung konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dalam mendukung upaya universitas, dosen pada program studi (PS) di UHW Perbanas, yaitu dosen PS Sarjana Sistem Informasi, terus mengembangkan fasilitas pembelajaran berbasis digital, terutama untuk Mata Kuliah Pengantar Sistem Informasi, yang menjadi dasar bagi mahasiswa semester satu (1). Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi evaluasi pembelajaran berbasis gamifikasi yang dibangun dengan metode pengembangan aplikasi waterfall. Aplikasi Evaluasi Pengantar Sistem Informasi (ELUPSI) adalah alat evaluasi mahasiswa yang mengadopsi pendekatan OBE untuk mengukur capaian pembelajaran. Didasari oleh CPMK dan Sub-CPMK, aplikasi ini menggunakan model gamifikasi dengan empat tingkatan level yang menggambarkan capaian pembelajaran matakuliah. ELUPSI dikembangkan berbasis Android, platform ini dipilih untuk mempermudah akses mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah memperkuat pengetahuan teoritis dengan keterampilan analisis yang relevan dengan masalah dunia nyata, menciptakan aksesibilitas lintas disiplin ilmu dan memberikan alat evaluasi kepada dosen untuk menilai pencapaian belajar mahasiswa berdasarkan kurikulum Mata Kuliah Pengantar Sistem Informasi di PS Sistem Informasi Universitas Hayam Wuruk Perbanas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, R., Assani’, S., & Effindi, M. A. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Algoritma Perograman Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 9(2), 188–200. doi: 10.21107/edutic.v9i2.20215

Azwar, A., & Samiu, L. D. (2021). RANCANG BANGUN APLIKASI E-MODUL GUNA PEMANFAATAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS ANDROID. Jurnal Technopreneur (JTech), 9(2), 71–78. doi: 10.30869/jtech.v9i2.761

Budiyono, B., Wiryanto, W., Suprayitno, S., & Primaniarta, M. G. (2023). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Dasar terhadap Gamifikasi dalam Pendidikan STEAM. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3591–3603. doi: 10.31004/obsesi.v7i3.4909

Cahya Pratama, Y. H., & Annisa, L. H. (2022). Literatur Review: Analisa Faktor Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) di Indonesia. Journal of Digital Business and Management, 1(1).

Fatimah, K., Viono, T., & Ambarwati, A. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Gamifikasi Pada Pembelajaran. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(4), 945–958. doi: 10.30872/diglosia.v6i4.728

Fatin Bachrum, H., Purwantoro Esgs, S., & Lestari, D. I. (2019). Jurnal Politeknik Caltex Riau Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran 3D Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Monera dan Protista Berbasis Desktop untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). In Jurnal Komputer Terapan (Vol. 5, Issue 1). Retrieved from https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/

Fitrani, L. D., & Puspitaningrum, A. C. (2023). Utilization of Unified Modeling Language (UML) in the Design of Academic Information Systems based on the OOAD Method. Retrieved from http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

Hafidz, M. Al, & Effendi, P. M. (2023). Aplikasi Penentuan Kebutuhan Pelatihan Berbasis Kompetensi Untuk Peningkatan Kinerja Staf Analis Laboratorium. Teknika, 12(2), 129–137. doi: 10.34148/teknika.v12i2.622

Herlambang, Y., Pratama, C., & Supriyanto, H. (2023). ANALISA KELAYAKAN INVESTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) MENGGUNAKAN METODE INFORMATION ECONOMICS (IE). JIP (Jurnal Informatika Polinema), 9(4).

Kecvara Pritasari, O., Yesi Wilujeng, B., & Restu Windayani, N. (2023). Penerapan Kurikulum Outcome Based Education Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka di Prodi S1 Pendidikan Tata Rias. Surabaya. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/JVTE/article/view/20551

Mustamiin, M., Ismantohadi, E., & Andi, M. (2021). Pengembangan Sistem Manajemen Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi Dengan Online Judge.

Prastya, D., & Diah Kurniawati, I. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika. SEMNASTIK : Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Volume 4(1).

Putri, D. B., Anjarwani, E., & Afwani, R. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI PENDUKUNG PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. Retrieved from http://jtika.if.unram.ac.id/index.php/JTIKA/

Satria, E., & Rahayu, S. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Anatomi Tubuh pada Manusia Berbasis Android. Retrieved from http://jurnal.itg.ac.id/

SETYANINGRUM, I. D., DAMINTO, B. P., & PURWANINGSIH, W. I. (2023). PENGEMBANGAN E-MODULE MATEMATIKA GAMIFIKASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. E-Jurnal Matematika, 12(3), 200. doi: 10.24843/mtk.2023.v12.i03.p420

Susanto, H., & Prawitasari, M. (2023). EVALUASI RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN SEJARAH PROKLAMASI BERBASIS ANDROID (Vol. 09). Retrieved from http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/index




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v5i2.20910

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v5i2.20910.g6295

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License