Penggunaan Metode Webqual 4.0 Untuk Analisa Kualitas Website Dinas Sosial Kota Bekasi

Andi Asmara Putra, Sri Muryani

Sari


Dinas Sosial Kota Bekasi perlu memiliki sebuah website yang baik untuk melakukan penyampain sebuah informasi serta layanan yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat yang termasuk dalam wilayah kerja Dinas Sosial Kota Bekasi. Melakukan sebuah evaluasi merupakan hal sangat diperlukan dalam peningkatan kualitas dari sebuah website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur persepsi pengguna ketika mengakses website Dinas Sosial Kota Bekasi. Hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan untuk peningkatan kualitas website. Pada penelitian  ini sampel yang penulis gunakan sebanyak 280 responden dari total 935 populasi pada bulan Mei 2023 dalam menentukan jumlah sampel dihitung berdasarkan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan metode webqual 4.0 adapun variabel yang independen terdiri dari 3 variabel yaitu usability, information quality, dan service interaction quality serta 1 variabel dependen yaitu user satisfaction. Dari perolehan uji F yang terdiri dari 3 variabel independen diperoleh hasil secara bersama-sama (secara simultan) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Dari hasil uji T menunjukkan bahwa tiap-tiap (secara parsial) variabel independen juga berpengaruh terhadap variabel dependen. Berdasarkan perolehan dari hasil uji yang dilakukan pada penelitian ini sehingga diberikan rekomendasi dari 3 variabel independen dari webqual. Rekomendasi tersebut terdapat pada indikator X1.6 perbaikan pada tampilan desain, indikator X2.1 perbaikan pada situs website agar memberikan tingkat kedatailan infromasi yang tinggi, indikator X3.3 memberikan keyakinan pengguna agar memiliki rasa aman terhadap data pribadi yang diberikan pada saat mengakses website. Dengan rekomendasi tersebut di harapkan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pihak pengelola website Dinas Sosial Kota Bekasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aidil, P. B., & Raka, D. (2019). Analisis Kualitas Website Kresnalife Menggunakan Metode Webqual 4.0.

Ardista, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Langit Membiru Wisata Bogor. Parameter, 6(1), 41. https://doi.org/10.37751/parameter.v6i1.160

Dalimunthe, 1Nurmaini, Karina, 2Tricia, & Adawiyah, 3Arabiatul. (2019). Analisa Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau). Vol 5, 184.

Dodi Sukma R.A, Hardianto, R., & Heleni Filtri. (2021). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi COVID-19. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 3(2), 135. https://doi.org/10.31849/zn.v3i2.8353

Mufidah, A., Muslimat, R. A., Masyithoh, N. U., Ageng, B., & Pekalongan, K. (2021). Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pengukuran Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(3), 194–195.

Naufal Abdullah, R. A. (2022a). PENERAPAN METODE WEBQUAL 4.0 UNTUK MENGUKUR KUALITAS WEBSITE PADA SISTEM JAMINAN ONLINE DINAS SOSIAL KOTA BEKASI. The New Oxford Shakespeare: Critical Reference Edition, Vol. 1, Vol.30, 1183–1184. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.0016811

Naufal Abdullah, R. A. (2022b). PENERAPAN METODE WEBQUAL 4.0 UNTUK MENGUKUR KUALITAS WEBSITE PADA SISTEM JAMINAN ONLINE DINAS SOSIAL KOTA BEKASI. The New Oxford Shakespeare: Critical Reference Edition, Vol. 1, Vol.30, 1188–1189. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.0016811

Sahid Raharjo. (2023a). Cara Melakukan Uji F Simultan dalam Analisis Regresi Linear Berganda. SPSS INDONESIA. https://www.spssindonesia.com/2016/08/cara-melakukan-uji-f-simultan-dalam.html

Sahid Raharjo. (2023b). Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS. SPSS INDONESIA. https://www.spssindonesia.com/2014/02/cara-mudah-melakukan-uji-t-dengan-spss.html

Setiawati. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi di BEI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1585–1588. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/308/261




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v5i2.16867

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v5i2.16867.g6253

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License