Analisis Kualitas Aplikasi Shopee Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Andini Roeke, Siti Nurlela

Sari


Kualitas pelayanan terkait erat dengan loyalitas konsumen. Kemajuan suatu organisasi dipengaruhi oleh kapasitas organisasi untuk melayani konsumennya. Pelayanan yang diberikan organisasi harus fokus pada norma kualitas yang diberikan kepada konsumennya dan harus berusaha dan melampaui asumsi yang diharapkan oleh konsumen sehingga loyalitas konsumen dapat diperoleh secara efektif oleh perusahaan, karena hal itu dapat membuat konsumen terus menggunakan layanan perusahaan. Alasan penelitian ini adalah untuk menunjukkan peluang memecah tingkat kinerja dan tingkat harapan dalam pengambilan keputusan untuk e-commerce Shopee, sebuah perusahaan bisnis online dalam menawarkan kualitas dukungan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 127 responden, dimana respondennya adalah pengguna Shopee dan pernah melakukan transaksi minimal satu kali. Penelitian ini mengarahkan pemeriksaan informasi dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Efek samping dari konsentrat sebagian besar menunjukkan bahwa konsekuensi keseluruhan GAP bernilai positif, berarti secara keseluruhan bahwa pada umumnya asumsi dan pelaksanaan aplikasi Shopee sesuai dengan asumsi dan pemenuhan konsumen. Ada 3 atribut yang harus ditingkatkan, 9 atribut yang harus dipertahankan, dan 1 atribut yang perlu dikurangi sesuai kebutuhan yang ditampilkan dalam diagram kartesius Importance Performance Analysis (IPA).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amara, R. S., Mutiah, N., & Febriyanto, F. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Mobile Service Quality Dan Importance Performance Analysis (Ipa) (Studi Kasus : Pengguna E-Commerce Shopee Di Kota Pontianak). 10(02), 274–287.

Daryanti, P., & Shihab, M. S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Konsep E-Servqual (Studi Kasus Pelanggan Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(3), 120–127. https://doi.org/10.36782/jemi.v2i3.1915

Devitasari, D., Wati, T., & Sarika, S. (2021). Analisis Kualitas Website Tokome Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(1), 57. https://doi.org/10.32493/informatika.v6i1.8130

Fitriani, Y., Pakpahan, R., & Adrianichsan. (2020). SISTEM INFORMASI FORUM DISKUSI ONLINE ANTAR MAHASISWA PADA SMARTPHONE JISAMAR ( Journal of Information System , Applied , Management , Accounting and Researh ) p-ISSN : 2598-8700 ( Printed ) JISAMAR ( Journal of Information System , Applied , Management ,. 4(4), 92–101.

Lukita, C., Pranata, S., & Agustin, K. (2020). Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis Untuk Analisa Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Tinggi Pada Mahasiswa Di Cirebon. Jurnal Digit, 9(2), 167. https://doi.org/10.51920/jd.v9i2.117

Nurlela, S. dan A. roeke. (2022). ANALISIS KUALITAS APLIKASI SHOPEE MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Skripsi.

Pratama, ferina nadya. (2020). Analisis Kualitas Layanan Aplikasi Mobile-Ecommerce Shopee menggunakan Mobile Service Quality dan Importance Performance Analysis. In Skripsi.

Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233

Rusi, I. (2022). Evaluasi Kebergunaan E-Learning Menggunakan Dimensi Usability Dan Metode Importance Performance Analysis (Ipa). ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 4(2), 132–143. https://doi.org/10.31849/zn.v4i2.10961

Shofi, R. D., & Indriyanti, A. D. (2022). Evaluasi Kualitas Website Tokopedia Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Jeisbi, 03(03), 54–60.

Sosial, J., & Indonesia, A. S. (2022). Indah Sundari 1 , Elvin Leander Hadisaputro 2. 2(4), 330–341.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Wilujeng, F. R., & Rembulan, G. D. (2019). Perancangan Model Kualitas Pelayanan Puskesmas dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD). Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 5(2), 43–50. https://doi.org/10.30656/intech.v5i2.1675




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v5i1.15457

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License