Penerimaan Aplikasi Video Conference Google Meet Sebagai Alternatif Media E-Learning

Ade Fitria Lestari, Hilda Amalia, Ari Puspita

Sari


Penyebaran virus corona yang melanda di belahan dunia melumpuhkan aktivitas di sektor pendidikan dimana segala aktivitas pembelajaran dibatasi seperti pengajaran tatap muka, diskusi, praktikum dan lain-lain. Aktivitas yang sebelumnya dilakukan secara luring diubah menjadi online (virtual), hal ini untuk mencegah penularan covid 19 secara luas sehingga para tenaga pengajar mencari alternatif pembelajaran agar kegiatan pembelajaran harus tetap berjalan walaupun di kondisi pandemik saat ini. Alternatif pembelajaran yang saat ini sangat popular yaitu penggunaan aplikasi video conference salah satunya Google Meet yang merupakan fitur yang disediakan oleh Google untuk memudahkan para pengajar serta peserta didik dalam pembelajaran. Perkuliahan daring di Universitas Bina Sarana Informatika memberikan alternatif pembelajaran kepada mahasiswa dengan Google Meet, Zoom Cloud Meeting, dan aplikasi e-learning lainnya. Aplikasi video conference yang akan diteliti adalah Google Meet untuk mengetahui penerimaan mahasiswa terhadap teknologi ini sebagai alternatif media pembelajaran online. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi pustaka sedangkan metode penelitiannya dengan TAM menggunakan variabel perceived ease of use, perceived usefulness dan attitude forward using. Pengujian instrument kuesioner dengan uji validitas, reliabilitas dan analisa deskriptif jawaban responden. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa dari segi kemudahan sekitar 48,4 % mahasiswa sangat setuju dengan kemudahan fitur dan aplikasi Google Meet, segi kegunaan sekitar 48,75 % sangat setuju Google Meet berguna dan bermanfaat dalam diskusi perkuliahan dan alternatif media e-learning dan sekitar 33,45 % setuju bahwa fitur aplikasi Google Meet dapat memberikan sikap senang dan menyenangkan kepada penggunanya yaitu mahasiswa sebagai media perkuliahan online. Pengujian validitas instrumen 3 buah variabel yaitu perceived ease of use, perceived usefulness dan attitude forward using dinyatakan valid karena nilai r hitung diatas 0,254 dan pengujian reabilitas dari keseluruhan variabel reliabel yaitu sebesar 0,939 dengan alpha Cronbach > 0,60.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif Setia Sandi A., Soedijono, B., & Nasiri, A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use Terhadap Attitude Toward Using Dengan Metode TAM Pada Sistem Informasi Magang Kerja. IT Journal Research and Development, 5(2), 109–118. https://doi.org/10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5287

Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Re... - Google Books. Guepedia. https://www.google.co.id/books/edition/STATISTIKA_PENELITIAN_MENGGUNAKAN_SPSS_U/acpLEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Faisal, A., Handayanna, F., & Purnamasari, I. (2021). Implementation Technology Acceptance Model (Tam) on Acceptance of the Zoom Application in Online Learning. Jurnal Riset Informatika, 3(2), 85–92. https://doi.org/10.34288/jri.v3i2.195

Fecira, D., & Abdullah, T. M. K. (2020). Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam). Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 02(04), 35–50.

Firdaus. (2021). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF; DILENGKAPI ANALISIS REGRESI IBM SPSS STA... - Google Books. CV.DOTPLUS Publisher. https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN_KUANTITATIF_DILENG/lJ8hEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=rumus+slovin&pg=PA19&printsec=frontcover

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo.

Jumardi, R. (2020). Evaluasi E-Learning Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model. JTIS: Journal of Technopreneurship and Information System, 3(2), 63–70. https://doi.org/10.36085/JTIS.V3I2.887

Latifah, N., Rokhmawanto, S., Purwanto, P., & Syarifah, L. (2021). Penerimaan mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 dengan pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 151–162. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.39755

Mambu, J. Y., Jonathan, G., Rumawouw, G. M., & Liem, A. T. (2019). Analisis Kemanfaatan dan Kemudahan Sistem Informasi Unklab (SIU) menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Creative Information Technology Journal, 5(2), 95–104. https://doi.org/10.24076/CITEC.2018V5I2.175

Octafian, D. T., Putri, M. P., & Andriani, E. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet Sebagai Pendukung Kegiatan Mengajar Saat Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Guru SD N 149 Palembang. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 154–160.

Purwandani, I., & Syamsiah, N. O. (2020, June). Analisa Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Google Classroom Dengan Technology Acceptance Model (TAM) | Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika). https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/354

Rahayu, F. S., Budiyanto, D., & Palyama, D. (2017). ANALISIS PENERIMAAN E-LEARNING MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (STUDI KASUS: UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA). Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.21460/JUTEI.2017.12.20

Rahmawati, R. N., & Narsa, I. M. (2019). Actual Usage Penggunaan E-Learning Dengan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 127–136. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.26232

Santi, I. H. (2022). Google Classroom Learning Media Acceptance and Use Analysis Using Technology Acceptance Model (TAM). International Journal of Economics, Social Science, Entrepreneurship and Technology (IJESET), 1(1), 78–87. https://doi.org/10.55983/IJESET.V1I1.65

Sati, R. A. S., & Ramaditya, M. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card). Management, 1–20.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Yuliana, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(April), 8–19.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.14053

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.14053.g5732

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License