Implementasi Konsep dan Teknik UI/UX Dalam Rancang Bangun Layout Web dengan Figma

Miftah Faroq Santoso

Sari


Abstrak  - Sudah lebih dari 2 (dua) dekade trend teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, khususnya internet. Pusat segala informasi digital, pertukaran data, hingga media promosi seolah-olah menjadi tidak ada jarak dibelahan dunia manapun. Internet mendominasi disetiap lini kehidupan, hal ini berdampak pada banyaknya situs-situs internet atau lebih dikenal dalam bentuk website. Berbagai jenis dan model tampilan website, dari yang sederhana, perpaduan animasi, hingga memiliki fitur mobile responsive yang dapat dijalankan diberbagai perangkat. Namun fitur-fitur tersebut tidaklah cukup dalam perkembangannya pengguna menginginkan sebuah website yang intuitif, sehingga pengguna merasa nyaman bahkan bisa berlama-lama menghabiskan waktu pada saat berselancar didunia maya. Untuk mengakomodir kebutuhan pengguna, desain web yang menarik saja tidaklah cukup sehingga perlu penerapan atau metode khusus yaitu dalam implementasi desainnya akan dipadukan dengan metode serta teknik UI/UX yang akan dikolaborasikan dengan desain layout web. Hasil dari penelitian ini penerapan konsep dan teknik dengan metode UI/UX dan tool Figma, desain layout web lebih konsisten, komposisi warna, jenis, ukuran huruf (typografi), jarak antar elemen, hingga hierarki antar elemen lebih terjaga. Hal ini bertujuan agar pengalaman pengguna pada saat berselancar merasa nyaman namun tidak mengesampingkan dari sisi fungsionalitas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Muhyidin, M., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020a). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA (Vol. 10, Issue 2). https://my.cic.ac.id/.

Agus Muhyidin, M., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020b). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA (Vol. 10, Issue 2). https://my.cic.ac.id/.

Frendiana, V., & Widhiantoro, D. (2020). Desain UI dan UX pada Aplikasi Android Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual, 5(2).

Garrett, J. J. (n.d.). The elements of user experience : user-centered design for the Web and beyond.

ISO 9241-210:2019. (2010).

Mayasari, R., Susilo Yuda Irawan, A., & Singaperbangsa Karawang, U. (n.d.). PENERAPAN METODE LEAN UX PADA PERANCANGAN UI/UX APLIKASI DIGILIB UNSIKA VERSI WINDOWS IMPLEMENTATION OF LEAN UX METHOD ON UI/UX DESIGN OF DIGILIB UNSIKA APPLICATION IN WINDOWS VERSION. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 4(2), 2021.

Mutiasanti, S., Tri Ananta, M., & Muslimah Az-Zahra, H. (2018). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Di Indonesia Dengan Menggunakan UX Honeycomb (Vol. 2, Issue 10). http://j-ptiik.ub.ac.id

Nabila, G., & Wahyuni, S. (n.d.). MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022 Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas.

Nasution, W. S. L., & Nusa, P. (2021). UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method. ARRUS Journal of Engineering and Technology, 1(1), 18–27. https://doi.org/10.35877/jetech532

Santoso, M. F. (n.d.). Implementasi Konsep dan Teknik UI-UX Dalam Rancang Bangun Layout Web dengan Figma.

Santoso, M. F. (2019). TEKNIK RESPONSIVE WEB DESIGN (RWD) SERTA PENERAPANNYA DALAM RANCANG BANGUN LAYOUT WEB (p. 8).

Tri Widiatmoko, D., Setya Utami, B., Studi Desain Komunikasi Visual, P., & Teknologi Informasi, F. (2022). Perancangan UI/UX Purwarupa Aplikasi Penentu Kualitas Benih Bunga Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus PT Selektani). AITI: Jurnal Teknologi Informasi, 19(Februari), 120–136.

Wahyu, S., Jefry Sunupurwa Asri, dan, & Correspondent Author, E. (n.d.). Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2021 Perancangan Konsep Dan Evaluasi Desain User Experience Pada Aplikasi Mobile Penyedia Tempat Layanan Fitness Dengan Pendekatan User-Centered Design.

Wiryawan, M. B. (2011). USER EXPERIENCE (UX) SEBAGAI BAGIAN DARI PEMIKIRAN DESAIN DALAM PENDIDIKAN TINGGI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (Vol. 2, Issue 2).

Yastin, D. N., Suseno, H. B., & Arifin, V. (n.d.). EVALUASI DAN PERBAIKAN DESAIN USER INTERFACE UNTUK MENINGKATKAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE SIARAN TANGSEL MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECT DESIGN (GDD).




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13944

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13944.g5727

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License