Penerapan Metode Association Rule Terhadap Pola Data Penyakit Pada RSUD Jakarta Menggunakan Algoritma Apriori

Citra Permana Putra, Achmad Rifai, Kudiantoro Widianto, irmawati irmawati

Sari


Rumah sakit adalah tempat untuk merawat pasien yang datang dari berbagai daerah dengan berbagai macam penyakit, karena gaya hidup dan lingkungan berperan dalam perjalanan penyakit. Beberapa permasalahan yang timbul dalam menangani penyakit antara lain kurangnya informasi tentang penyebaran penyakit dan tingkat prosentase penyebaran penyakit yang ada di masyarakat. Salah satu solusi dari masalah tersebut yaitu penerapan metode association rule yang mencari pola atau hubungan antar item dalam suatu dataset yang ditentukan dengan algoritma apriori yang dapat melakukan penelusuran terhadap data historis untuk mengidentifikasi pola data yang didasarkan pada sifat yang teridentifikasi sebelumnya. Metode penelitian ini adalah data kuantitatif dengan data primer yang diambil dari data rekam medis RSUD Johar Baru Jakarta. Yang kemudian dapat diperoleh suatu informasi penyakit apa yang paling sering muncul bersamaan pada rumah sakit sehingga dilakukan pencegahan penyakit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola penyakit yang sedang berkembang di masyarakat. Informasi yang dihasilkan selanjutnya dapat digunakan oleh pihak rumah sakit untuk dapat memaksimalkan ketersediaan obat, kelengkapan peralatan medis, dan ruangan di rumah sakit.

Kata Kunci : Data Mining, Association Rule, Algoritma Apriori, Pola Data Penyakit


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Han, Jiawei, Micheline Kamber, And Jian Pei. 2012. Data Mining: Concepts And Techniques Data Mining: Concepts And Techniques.

Haris, Abdul. 2019. “RISIKO PENYAKIT Kardiovaskuler Pada Peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis ( Prolanis ) Di Puskesmas Kota Bima : Korelasinya Dengan Ankle Brachial Index Dan Obesitas Pendahuluan Metode.” 22(September): 200–208.

Hernawati, And Muhadi Hariyanto. 2022. “Inti Nusa Mandiri Market Basket Analysis Tren Hijab Mengunakan Algoritma.” 16(2): 1–6.

Indriyawati, Henny, Khoirudin, And Edi Widodo. 2021. “Penerapan Association Rule Dengan Algoritma Apriori Untuk Prediksi Penjadwalan Mata Kuliah.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi 12(2): 42–47.

Kristiani, Oktavia. 2017. “Association Rule Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Pola Penyakit.” Simki-Techsin 01(01): 1–7.

Kurniawan, Harris, Fujiati, And Alfa Saleh. 2014. “Analisa Pola Data Penyakit Rumah Sakit Dengan Menerapkan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori.” Seminar Nasional Informatika: 195–201.

Kusrini & Emha Taufiq. 2009. Algoritma Data Mining. Ed. Theresia Ari Prabawati. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Romdon, Denih, And Iskhak Kholil. 2022. “Implementasi Data Mining Dengan Metode Apriori Dalam Menentukan Pola Pemilihan Pemeriksaan Kimia.” 2(10): 642–51.

Sibarani, Alexander J.P. 2020. “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat.” JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi) 7(2): 262–76.

Wanto, Anjar Et Al. 2020. Data Mining: Algoritma Dan Implementasi. Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v4i1.12849

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License