Implementasi Authorized Service Center Management System Berbasis Web di CV Next Solution

Adi Rahmansyah, Sari Susanti

Sari


Pengguna laptop yang semakin banyak membuat jasa-jasa perbaikan atau reparasi laptop yang marak berkembang. Sekian banyaknya laptop yang dititipkan pada service center untuk diperbaiki. CV Next Solution merupakan salah satu service center resmi dari Lenovo yang terletak di Kota Bandung. Seiring berjalannya waktu, jumlah kunjungan ke tempat service tersebut semakin banyak, hal ini membuat admin service kewalahan dalam menangani pendataan barang service dan pelanggannya.Prosedur pendataan dan pelacakan yang digunakan saat ini masih belum saling terintegrasi antara data yang terdapat pada admin service dengan teknisi. Solusi yang diajukan adalah dengan menerapkan authorized service center management system berbassis website dengan Laravel sebagai frameworknya dan MySQL sebagai databasenya yang terintegrasi di CV Next Solution. Waterfall merupakan metode yang digunakan untuk membangun sistem ini yang didalamnya mencakup mulaii dari analisa selanjutnya ke tahap desain dan yang terakhir tahap menyusun kode dan uji coba.. Hasilnya sistem informasi yang telah dibuat memudahkan teknisi mengecek history diagnosa perbaikan, serta mempercepat dan mengurangi beban kerja admin service. Sistem ini mampu mengintegrasikan pengelolaan data service yang sesuai dengan keinginan owner maupun kebutuhan pemrosesan data service di CV Next Solution.

 

Kata kunci: Sistem Manajemen Service, Pemrograman Website, Framework Laravel.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilian, L. V., Setyawan, M. Y. H., & Saputra, M. H. K. (2020). Memahami Metode Omax dan Promethee pada Sistem Pendukung Keputusan. CV. Kreatif Industri Nusantara.

CNN. (2020, October). Pasar Laptop Dunia Tumbuh 12,7 Persen kala Pandemi Covid-19. CNN Indonesia.

Ibrahim, R., & Susanti, S. (2021). SISTEM INFORMASI TOUR DAN TRAVEL BERBASIS WEBSITE PADA PT. AMADA DESTINASI NUSANTARA. EProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 2(1), 20–25.

Junaedi, M. M. H., Susanti, S., & Mubarok, A. (2020). PENERAPAN FRAMEWORK LARAVEL PADA APLIKASI HRIS (HUMAN RESOURCE INFORMATION SYSTEM). Jurnal Responsif: Riset Sains & Informatika, 2(2), 176–183.

Luthfi, H. D. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Service Laptop Pada Cv. Bismani Solusindo Di Jakarta.

Shalludin, A. (2019). Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Service Laptop Pada Syifa Komputer Di Kuala Kapuas. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komputer Pranala, 14(1), 25–30.

Susanti, S., Junianto, E., & Rachman, R. (2017). Implementasi Framework Laravel Pada Aplikasi Pengolah Nilai Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika (JI) UBSI, 4(1). https://doi.org/10.31311/JI.V4I1.1562

Wiguna, W., & Alawiyah, T. (2019). Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 8(2), 49–62.

Wiguna, W., Mauliana, P., & Permana, A. Y. (2020). Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama. JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, 2(1), 19–29.

Yudhanto, Y., & Sulandari, W. (2018). Panduan Pengantar Belajar Hardware dan Software: Troubleshooting Laptop. Rumah Studio Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v3i2.11728

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v3i2.11728.g5152

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License