Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Superbank Dengan Metode Support Vector Machine Dan Naive Bayes
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adli, M. A., & Firgia, L. (2018). Rancang bangun web scraping pada media online berita nasional. Jurnal ENTER, 1, 118–128.
Agustyaningrum, C. I., Gata, W., Nurfalah, R., Radiyah, U., & Maulidah, M. (2020). Komparasi algoritma naive bayes, random forest dan SVM untuk memprediksi niat pembelanja online. Jurnal Informatika, 20(2), 164–173.
Astuti, A. P., Alam, S., & Jaelani, I. (2022). Komparasi algoritma Support Vector Machine dengan Naive Bayes untuk analisis sentimen pada aplikasi BRImo. Bangkit Indonesia, 11(2).
Audiansyah, D., Ratnawati, D., & Hanggara, B. T. (2022). Analisis sentimen aplikasi MyXL menggunakan metode support vector machine berdasarkan ulasan pengguna di Google Play Store. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(8).
Deffry, M., Ardiansyah, A., Fadhilah, M. F., Negeri Jakarta, U., & Rawamangun Muka No, J. (2022). Analisis wilayah rawan banjir dengan menggunakan metode skoring dan overlay di Kecamatan Makasar. Jurnal Sains Geografi, 1(2), 2023. https://doi.org/10.2210/jsg.vx1ix.xxx
Indah, R., Huda, U. R., & Asmeru, A. P. (2023). Perubahan bank di Indonesia dari bank konvensial menjadi bank digitalisasi di era evaluasi industri 4.0. Student Research Journal, 1(3).
Julianto, I. T. (2022). Analisis sentimen terhadap sistem informasi akademik Institut Teknologi Garut. Jurnal Algoritma, 19(1).
Juniandika, I. M., Mahendra, I. B. M., & Pramartha, D. C. (2023). Penerapan sistem analisis sentimen pada aplikasi mobile banking PT. Bank Rakyat Indonesia. Vol. 2.
Kurniawan, R., & Wijaya, A. Y. (2024). Analisis sentimen pengguna terhadap aplikasi Blu BCA di Playstore menggunakan algoritma Naïve Bayes (Studi kasus sentimen pengguna terhadap pengalaman aplikasi Blu BCA). Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 8.
Latifah, I., & Dora, Y. M. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan elektronik dan promosi terhadap loyalitas pengguna bank digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3).
OJK. (2024). Transformasi digital perbankan: Wujudkan bank digital. SIKAPI. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40774
Sabrila, T. S., Sari, V. R., & Minarno, A. E. (2021). Analisis sentimen pada tweet tentang penanganan Covid-19 menggunakan word embedding pada algoritma support vector machine dan k-nearest neighbor. Fountain of Informatics Journal, 6(2).
Sari, F. V., & Wibowo, A. (2019). Analisis sentimen pelanggan toko online Jd.Id menggunakan metode Naïve Bayes classifier berbasis konversi ikon emosi. Jurnal Simetris, 10(2), 681–686.
Sujjada A, Nurfazri Novianti J, Griha Tofik Isa I. ANALISIS SENTIMEN TERHADAP REVIEW BANK DIGITAL PADA GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). 2023;9(2):122–35. Available from: https://rekayasa.nusaputra.ac.id/index.
Superbank. (2024). Sejarah Kami - Superbank - Teman Andalan Untuk Keuanganmu. https://www.superbank.id/tentang-kami/sejarah-kami
Suryati, E., Styawati, & Aldino, A. A. (2023). Analisis sentimen transportasi online menggunakan ekstraksi fitur model Word2vec text embedding dan algoritma Support Vector Machine (SVM). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 4(1), 96–106.https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i1.2445
Wahyudi, R., & Kusumawardana, G. (2021). Analisis sentimen pada aplikasi Grab di Google Play Store menggunakan support vector machine. Jurnal Informatika, 8(2), 200-207.
DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v10i2.24632
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN : 2714-9935
Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License