Sistem Informasi Rental Mobil (Si Robi) Berbasis Web Pada Sewa Mobil Sahabat Purwokerto

Yustina Meisella Kristania

Abstract


Perkembangan teknologi masa kini yang semakin pesat hampir telah merambah segala bidang. Dengan meningkatnya persaingan bisnis diantara pengusaha rental mobil, para pengusaha ini senantiasa melakukan inovasi baru demi meningkatkan kualitas pelayanan usahanya bagi konsumen. Hal tersebut ditunjang dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang telah maju pesat. Transaksi pemesanan sewa mobil di Sewa Mobil Sahabat yaitu via telepon atau pelanggan datang langsung ke rental tersebut, tentu saja hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperoleh informasi mengenai mobil yang disewakan. Proses pengolahan data dan pembuatan laporan juga masih manual dan menyulitkan karyawan karena jumlah data yang banyak sehingga menyebabkan terjadinya keterlambatan dalam mendapatkan informasi yang diinginkan. Berdasarkan masalah tersebut maka penulis ingin membuat sebuah perancangan sistem informasi sewa mobil berbasis web yang memenuhi kebutuhan pelayanan jasa sewa mobil melalui penulisan tugas akhir ini. Perancangan sistem informasi berbasis website ini merupakan solusi terbaik untuk melakukan pengolahan data menjadi informasi dan sebagai media promosi yang lebih luas. Data yang ada dapat diolah secara cepat, tepat dan akurat sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan adanya sistem ini akan mengubah kebiasaan pengelolaan data secara manual menjadi terkomputerisasi yang  tidak membutuhkan waktu yang lama. Inovasi menuju sistem yang terkomputerisasi ini dapat dilakukan dengan membuat website yang menunjang keperluan bisnis yang di jalankan.

 

Kata kunci: Rental, Teknologi, Sistem, Informasi, Website


Full Text:

PDF

References


Arifianto, T. (2011). Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Andi Publisher.

Fathansyah. (2007). Buku Teks Komputer Basis Data. Informatika Bandung.

Iskandar, Agus, A. H. R. (2008). Jurnal Basis Data. IJurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS, 3, 2.

Jatnika, H. (2013). Pengantar Sistem Basis Data. C.V Andi Offset.

Jogiyanto. (2005). Analisis dan Disain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. C.V Andi Offset.

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika.

Nugroho, B. (2009). Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Gava Media.

Ogedebe, P. M., & Jacob, B. P. (2012). Software Prototyping: A Strategy to Use When User Lacks Data Processing Experience. ARPN Journal of Systems and Software, 2(6), 219–224.

Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2), 54–61. https://doi.org/10.37438/jimp.v2i2.67

Ragil, W. (2010). PEDOMAN SOSIALISASI : Prosedur Operasi Standar (POS). In Mitra Wacana Media. Mitra Wacana Media. http://teknikkimia.usu.ac.id/images/PDF/LABORATORIUM/KIMIA_ANALISA/STANDAR_OPERASIONAL_PROSEDUR_FIX.pdf

Rizkita, N., Rosely, E., & Nugroho, H. (2018). Aplikasi Pendaftaran dan Transaksi Pasien Klinik Hewan di Bandung Berbasis Web. EProceedings of Applied Science, 4(3), 1512–1520.

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. C.V Andi Offset.

Smp, P., Kota, N., Dewi, T., Utami, Y., & Assegaff, S. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem E-Learning. Univ. Widya Mandala Madiun, 6(3), 339–351.

Suryana, T. dan K. (2014). Aplikasi Internet Menggunakan HTML, CSS, & JavaScriot. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v8i2.12989

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License