Implementasi Metode Watterfall pada Aplikasi Marketplace Laundry Berbasis Android
Abstract
Abstrak
Marketplace laundry ialah pemasaran jasa laundry secara online dengan melaksanakan kerja sama antara pihak marketplace dengan owner usaha jasa laundry. Bersamaan dengan pertumbuhan jaman, pada dikala ini banyak warga memakai smartphone android. Oleh sebab itu dicoba riset buat merangcang aplikasi jasa laundry berbasis android yang bisa mempermudah pelakon usaha bisnis jasa laundry serta konsumen buat bisa mengaksesnya dimana saja serta kapan saja. Bisnis jasa laundry ini berperan buat menolong warga dalam meringankan pekerjaannya. Dikala ini bisnis laundry mulai menurun sebab banyaknya persaingan antara sesama pengusaha jasa laundry. Buat itu dibutuhkan perancangan sistem marketplace laundry berbasis android buat mempermudah pelakon usaha dalam mempromosikan bisnis jasa laundry nya. Tata cara yang digunakan dalam perancangan sistem ini merupakan tata cara waterfall serta uml selaku perlengkapan bantu perancangan sistem. Hasil dari pengembangan sistem ini merupakan bisa menolong owner usaha jasa laundry dalam mempromosikan bisnisnya, serta bisa menolong pelanggan dalam mencari jasa laundry yang cocok dengan kebutuhan.
Kata kunci: Android, Laundry, Marketplace, Watterfall
Abstract
Laundry Marketplace is an online marketing laundry services by doing cooperation between the marketplace with laundry service owner. Along with the changing times, at this time many people use Android smartphones. Therefore, research is conducted to design an Android based laundry service application that can facilitate laundry services business businesses and consumers to be able to access it anywhere and anytime. This laundry service business serves to assist the community in lightening their work. Now, laundry business is d.own because now many competition are amongst laundry service enterpreners. For it, requires an android based marketplace sytem design to make it easier for bussiness to promote laundry service. The method used in the design of this system is the waterfall method and uml as a system design tool. This results of developing this system is can help the laundry service owners to promote his businness, and can help customer in serach laundry service appropriate.
Keywords: Android, Laundry, Marketplace, Watterfall
Full Text:
PDFReferences
Aryo, Y., Raharjo, B., Fachruddin, Nugroho, E., Martina, S., Pratiwi, E., Lorosae, T. A., Ardhani, R., Sumanto, F., Fitriadi, F., & Utami, E. (2017). Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak E-Marketplace Gerobak Kopi. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (Jusiti), 1–9.
Ashari, A. N., & Manikam, R. M. (2019). Analisa dan Perancangan Marketplace Bahan Bangunan Berbasis Website. 1(3), 9.
Dermawan, J., & Hartini, S. (2017). IMPLEMENTASI MODEL WATERFALL PADA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERHITUNGAN NILAI MATA PELAJARAN BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR AL-AZHAR SYIFA BUDI JATIBENING. Paradigma, 19(2), 37. https://doi.org/10.1093/nq/s5-VII.159.37-a
Iin Sofiani. (2019). Sistem Informasi Rancang Bangun Aplikasi E-Marketplace Hasil Pertanian Berbasis Website Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Manajemen Informatika, 10(1), 25–32.
Kevin, F., Sumantri, R., Wowor, H. F., & Lumenta, A. S. M. (2016). Sistem Informasi Anggota Jemaat Gmim Bethesda Ranotana Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(2), 21–28.
M. Ichwan, F. H. (2011). PENGUKURAN KINERJA GOODREADS APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE (API) PADA APLIKASI MOBILE ANDROID (Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku). Informatika, 2(2), 13–21.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Rani Susanto, A. D. A. (2017). Alkoholwirkung in der Resorptionsphase. Majalan Ilmiah Unikom, 14(1), 41-46 passim.
Setiyawati, Y. D., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2016). Pembuatan Aplikasi Antar-Jemput Laundry Berbasis Web Service pada Platform Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 150. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.4.1.2016.150-158
Wahyuni, N., Irman, A. S. M., & Gunawan, A. (2019). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku Ukm Wilayah Cilegon. Jurnal Pengabdian Dinamika, 6(1).
DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v7i2.11188
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN : 2714-9935
Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License