Penggunaan Augmented Reality Dalam Bidang Pendidikan : A Literature Review

Ismi Ana

Sari


Saat ini, terdapat teknologi baru seperti augmented reality dan virtual reality yang mulai mendapat perhatian. Teknologi ini membawa unsur-unsur dunia virtual ke dunia nyata dengan meningkatkan apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan pengguna. Semua elemen ini ditambahkan oleh input sensorik yang dihasilkan komputer seperti, suara, video, grafik atau data GPS. Penelitian ini merupakan studi literatur yang membahas tentang penggunaan augmented reality pada bidang pendidikan. Teknologi dalam pendidikan dapat mempengaruhi siswa untuk belajar secara aktif dan dapat memotivasi mereka, yang mengarah ke yang efektif proses pembelajaran. Augmented reality (AR) memiliki potensi yang baik dalam membuat proses pembelajaran lebih aktif, efektif dan bermakna. Dikarenakan teknologi canggihnya memungkinkan pengguna untuk berinteraksi aplikasi virtual dan real-time dan membawa pengalaman alami kepada pengguna. Dalam ulasan ini menggambarkan penerapan AR di sejumlah bidang pembelajaran termasuk kedokteran, kimia, fisika, biologi, dan desain. Ulasan ini juga menunjukkan keterbatasan AR yang dapat diatasi dalam penelitian masa depan.

Referensi


Burton, E. P., Frazier, W., Annetta, L., Lamb, R., Cheng, R., & Chmiel, M. (2011). Modeling augmented reality games with preservice elementary and secondary science teachers. Journal of Technology and Teacher Education, 19(3), 303–329.

Cai, S., Wang, X., & Chiang, F. (2014). Computers in Human Behavior A case study of Augmented Reality simulation system

application in a chemistry course. Computers in Human Behavior, 37, 31–40. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.04.018

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Hsu, J.-L., & Huang, Y.-H. (2011). The Advent of Augmented-Learning: A Combination of Augmented Reality and Cloud Computing. In C. Ho & M.-F. G. Lin (Eds.), Proceedings of E-Learn: World Conference on E-Learning in Corporate, Government, Healthcare, and Higher Education 2011 (pp. 1328–1333). Honolulu, Hawaii, USA: Association for the Advancement of Computing in Education (AACE). Retrieved from https://www.learntechlib.org/p/38900

Ibáñez, M. B., Serio, Á. Di, Villarán, D., & Kloos, C. D. (2014). This document is published in : student experience and educational effectiveness, 1–13.

Lamounier, E., Bucioli, A., Cardoso, A., Andrade, A., & Soares, A. (2010). On the use of Augmented Reality techniques in learning

and interpretation of cardiologic data. In 2010 Annual International Conference of the IEEE Engineering in Medicine and

Biology (pp. 610–613). IEEE.

Saidin, N. F., Dayana, N., Halim, A., & Yahaya, N. (2015). A Review of Research on Augmented Reality in Education : Advantages and Applications, 8(13), 1–8. https://doi.org/10.5539/ies.v8n13p1

Shelton, B. E., & Hedley, N. R. (2002). Using augmented reality for teaching earth-sun relationships to undergraduate geography

students. In The First IEEE International Workshop Agumented Reality Toolkit, (p. 8–pp). IEEE.

Singhal, S. (2012). Augmented Chemistry : Interactive Education System, 49(15), 1–5.

Tekedere, H. (2016). Examining the Effectiveness of Augmented Reality Applications in Education : A Meta-Analysis, 11(16), 9469–9481.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v5i2.7417

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License