Sistem Informasi Pengelolaan Data Bank Sampah Berbasis Web di Kabupaten Cianjur

Sri Widaningsih, Agus Suheri

Sari


Kabupaten Cianjur merupakan salah satu daerah yang saat ini menghadapi permasalahan penanganan sampah. Salah satu cara pengelolaan sampah adalah dengan memberdayakan masyarakat dalam menyelesaikan masalah sampah melalui bank sampah. Pengelolaan data bank-bank sampah yang ada di Cianjur umumnya masih menggunakan cara manual dengan hanya menggunakan pencatatan pada buku-buku dan belum memanfaatkan teknologi informasi. Dengan pengelolaan secara manual, tentunya hal tersebut menimbulkan beberapa permasalahan seperti dibutuhkannya kertas-kertas untuk media penyimpanan data, data mudah hilang, pengelolaan data yang lebih lama sehingga tidak efisein secara waktu dan biaya. Selain itu pengawasan  terhadap bank-bank sampah yang terdapat pada unit-unit di kelurahan oleh setiap kecamatan pun sulit dilakukan karena belum adanya pusat data secara terintegrasi. Dengan timbulnya permasalahan-permasalahan yang ada pada pengelolaan bank-bank sampah yang ada di Cianjur, maka dibutuhkan suatu sistem informasi bank sampah (SIMBASA) berbasis web yang dapat memudahkan pihak petugas bank sampah dalam mengelola data yang ada, sedangkan bagi pihak nasabah dapat melakukan pengecekan tabungan dengan lebih cepat dan akurat. Dengan sistem informasi berbasis web juga akan memudahkan pihak kecamatan untuk melakukan pengawasan dan melihat perkembangan  unit-unit bank sampah yang ada di kelurahan sehingga pegelolaan antar bank sampah dapat lebih terpadu. Model rekayasa perangkat lunak yang digunakan adalah waterfall. Pembuatan sistem informasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan famework codeigniter dan database MYSQL.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, E. Y & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Badiyanto & Murya, Y. (2018). Project PHP Membangun Sistem Infomasi Akademik dengan Framework Codeigniter. Yogyakarta: CV.Langit Inspirasi.

Kusuma, D., & Astuti, Y. (2017). Sistem Pengolahan Data Bank Sampah (Study Kasus : Bank Sampah Bangkit Pondok I Ngemplak Sleman). Mantik Penusa, 21(1), 32–41.

LAKIP. (2017). Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur.

Marali, M. D., Pradana, F., & Priyambadha, B. (2018). Pengembangan Sistem Aplikasi Transaksi Bank Sampah Online Berbasis Web (Studi Kasus : Bank Sampah Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(11), 5644–5650.

Melchor, E. M., & Carrillo, D. B. (2016). Web-Based System to Improve Resource Efficiency in University Departments. Journal of Cases on Information Technology, 18(1), 1–16.

Parkhomenko, A., Gladkova, O., Kurson, S., Sokolyanskii, A., & Ivanov, E. (2015). Internet-Based Technologies for Design of Embedded Systems. Journal of Control Science and Engineering, 2, 55–63.

Riyanto, A. D., & Kusumastuti, G. (2015). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Tabungan Bank Sampah “Ceria” Purwokerto. Telematika, 8(2), 148–157.

Utami, E. (2013). Buku Panduan Sistem Bank Sampah. Jakarta: Yayasan Unilever Indonesia.

Wulandari, D., Utomo, S. H., & Narmaditya, B. S. (2017). Waste bank: Waste management model in improving local economy. International Journal of Energy Economics and Policy, 7(3), 36–41.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v4i2.6489

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License