Sistem Penunjang Keputusan Promosi Jabatan Menggunakan Metode Profile Matching

Hendry Cahyono, yunita yunita

Sari


Abstrak -Karyawan merupakan aset sumber daya manusia yang utama dari sebuah perusahaan. Dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia pada suatu jabatan tertentu dapat dilakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mendapat promosi jabatan. Namun penilaian karyawan biasanya hanya dilakukan pada beberapa aspek tertentu sehingga akan menyulitkan pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan untuk memilih karyawan dengan level dan kemampuan  yang hampir sama. Penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi promosi jabatan dengan kriteria Intelektual, Sikap, Perilaku dan kinerja menggunakan metode profile matching dalam memecahkan permasalahan yang terdapat pada promosi jabatan PT. Mitrausaha Gentaniaga. Metode ini dilakukan dengan tahapan: pemetaan Gap kompetensi, Pembobotan, Penghitungan dan pengkelompokan core factor dan secondary factor, selanjutnya penghitungan nilai total dan yang terakhir adalah penghitungan nilai rangking. Dari penghitungan nilai rangking maka diketahui karyawan dengan nilai tertinggi yang berhak direkomendasikan untuk memperoleh promosi jabatan adalah karyawan dengan kode SM2 atas nama Hendy mendapatkan skor akhir sebesar  4,65.

Katakunci: profile matching, promosi jabatan, sumber daya manusia

Abstract - Employees are the main human resource assets of a company. In meeting the needs of human resources in a particular position can be done by providing opportunities for existing employees to get a promotion. However, employee appraisal is usually only done on certain aspects so that it will be difficult for company leaders to make the decision to choose employees with similar levels and abilities. This study is to provide recommendations for promotion of positions with Intellectual, Attitude, Behavior, and Performance criteria using the profile matching method in solving problems contained in the promotion of PT. Mitrausaha Gentaniaga position. This method is done in stages: mapping competency gaps, weighting, calculation, and grouping of core factors and secondary factors, then calculating the total value and the last is calculating the rank value. From the calculation of the ranking, it is known that the employee with the highest value who is entitled to get a promotion is an employee with the SM2 code on Hendy's name, earning a final score of 4.65.

Keywords: human resources, profile matching, promotion of positions


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Harriyansah, & Baidawi, T. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Negeri Sipil Pada Pusat Penelitian Dan Pengembangan Minyak Dan Gas Bumi Lemigas Kementerian ESDM Dengan Metode Profile Macthing. Jurnal Teknik Komputer, 4(1), 217–222.

Kristiyanti, D. A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Karyawan Untuk Jabatan Tertentu Dengan Pendekatan Analisa Gap Profile Matching. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 19(1), 20–29. https://doi.org/10.31294/P.V19I1.1502

Pratiwi, H. (2016). Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan (I. Candrawinata (ed.); E.d 1). deepublish.

Santosa, P. I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Giovanny (ed.); 1st ed.).

Segoro, W. (2018). Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia (P. K. Anggraeni (ed.); Edisi 1). Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Supriyatna, A. (2015). ANALISIS DAN EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK. Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework, XI(1), 43–52.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v5i1.6467

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License