Analisis Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik

miftah Rakhmadian, Putri Vina Sefaverdiana, Nur Rahman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan bagi mahasiswa terhadap niat untuk menggunakan sistem informasi akademik di IKIP Budi Utomo Malang baik secara parsial maupun secara simultan, kemudian mencari diantara faktor persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan manakah faktor yang paling dominan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji t untuk mengetahui pengaruh antar variable secara parsial, dan uji F untuk mengetahui pengaruh antar variabel secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel niat untuk menggunakan. Hasil lain menunjukan bahwa variabel persepsi kemanfaatan berpengaruh secara parsial terhadap sikap terhadap penggunaan. persepsi kemanfaatan dan Persepsi kemudahan penggunaan dan secara simultan memberi pengaruh kepada niat untuk menggunakan sistem informasi akademik untuk mahasiswa dengan kontribusi sebesar 36%. Persepsi kemanfaatan memberi pengaruh lebih dominan dibanding persepsi kemudahan penggunaan terhadap niat untuk menggunakan sistem informasi akademik untuk mahasiswa di IKIP Budi Utomo Malang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Doleck, T., Bazelais, P., & Lemay, D. J. (2017). Examining the Antecedents of Facebook Acceptance via Structural Equation Modeling: A Case of CEGEP Students. Knowledge Management & E-Learning, 9(1), 69–89.

Fatmasari, & Ariandi, M. (2014). Penerapan Metode Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Penerimaan KRS Oonline ( Studi Kasus : Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Bina Darma Palembang ). MATRIK, 16, 1–9.

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Iqra’, 9(1), 1–13.

Gokcearslan, S. (2017). Perspectives of Students on Acceptance of Tablets and Selfdirected Learning with Technology. Contemporary Educational Technology, 8(1), 40–55.

Hamari, J., Keronen, L. (2017). Why Do People Play Games? A Meta-Analysis. International Journal of Information Management, 37(3), 125–141.

Maruping, L. M., Bala, H., Venkatesh, V., & Brown, S. A. (2017). Going Beyond Intention: Integrating Behavioral Expectation Into the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Journal of the Association for Information Science and Technology, 68(3), 623–637.

Rahayu, F. S., Budiyanto, D., & Palyama, D. (2017). Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.21460/jutei.2017.12.20

Sayekti, F., & Putarta, P. (2016). Penerapan Techlonogy Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. (3), 196–209.

Supriyanti, & Cholil, M. (2016). Aplikasi Technology Acceptance Model pada Sistem Iinformasi Manajemen Rumah Sakit di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(1), 42–51.

Sutedjo, B., & Oetomo, D. (2006). Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Wiguna, W. (2018). Acceptance Test pada ES-AHASS 02300 Menggunakan TAM. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 3(1), 101–109.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v4i2.5833

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License