Analisis Penerimaan Grup Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Diskusi Guru

Muhammad Ja’far Shidiq, Ai Ilah Warnilah

Sari


Manusia merupakan makhluk sosial yang pastinya membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ciri dari makhluk sosial adanya interaksi contohnya berkomunikasi. Media untuk berkomunikasi dimasa kini sangatlah bervariasi, salah satunya adalah sosial media. Whatsapp merupakan sarana atau media komunikasi online yang tergolong dalam aplikasi chatting yang menghadirkan fitur obrolan bersama atau grup, dimana beberapa pengguna bisa melakukan obrolan secara bersamaan dalam satu chat. Fitur tersebut sangat membantu dan mempermudah pengguna untuk melakukan percakapan secara bersamaan dengan pengguna lainnya, tanpa harus saling bertatap muka secara langsung, bahkan bisa digunakan sebagai media untuk mendiskusikan suatu pembahasan yang sifatnya penting sehingga bisa menghasilkan suatu keputusan. Pesantren Nurul Ihsan menggunakan aplikasi whatsapp sebagai media komunikasi dan diskusi. Model yang penulis terapkan dalam penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa Persepsi guru tentang kemudahan dalam penggunaan grup whatsapp membuat guru berpersepsi bahwa grup whatsapp bermanfaat sebagai media komunikasi dan diskusi dikalangannya. Persepsi guru tentang manfaat grup whatsapp dan sikap guru untuk mencoba menggunakan grup whatsapp membuat guru berniat untuk menggunakannya. Niat guru untuk menggunakan grup whatsapp membuat grup whatsapp diterima dan digunakan sebagai media komunikasi dan diskusi guru.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajie, M. D. (n.d.). Sistem Informasi.

Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 12. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5188

Handayani, T. (n.d.). Untuk Meningkatkan Kualitas Dalam.

Kusumaningtyas, G., Suharyono, S., & Abdillah, Y. (2017). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP PERSEPSI KUALITAS DAN DAMPAKNYA PADA MINAT PEMBELIAN (Studi pada Calon Konsumen yang Berminat Membeli Mobil Toyota Avanza di Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 43(1), 77–85.

Mangantar, M., & Sumanti, J. C. (2015). Analisis Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1141–1151.

Maulana, A. (2014). Tinjauan Mata Kuliah. Administrasi Keuangan Publik, 9(1), 1–3.

Pantow, M. S., Murni, S., & Trang, I. (2015). Analisa Pertumbuhan Penjualan , Ukuran Perusahaan , Return on Asset , Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang. Universitas Sam Ratugali Menado, 3(1), 961–971.

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku pengguna dan informasi. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 5(1), 58–70. Retrieved from http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jmdk/article/view/1342/933

Raharjo, S. (2015). Uji Heteroskedastisitas dengan Grafik Scatterplot SPSS. Retrieved August 25, 2018, from https://www.konsistensi.com/2015/01/uji-heteroskedastisitas-dengan-grafik.html

Rahayu, N. (2016). Pengaruh Tax Amnesty Dan Sanksi Pajak Terhadap, 4(1), 211–226.

Ratri, S. M. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengunaan E-learning Moodle oleh Guru SMK Negeri 2 Yogyakarta Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). E-Jpti, 5, 1–9.

Samosir, Z. Z. (2005). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU. Pustaka: Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 28–36.

Sukrillah, A. (2017). , IA Ratnamulyani 2 , AA Kusumadinata, 3(2), 95–104.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v4i2.5478

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License