Pengaruh Kualitas Website Pada Keputusan Pembelian Pada Situs Shopee Menggunakan Metode Webqual4.0
Sari
Abstrak
Penelitian ini menggambarkan keputusan pembelian pada web e-commerce Shopee menggunakan tiga variabel pada metode WebQual 4.0 yakni Usability (kegunaan), Information Quality (kualitas informasi) dan Service Interaction Quality (Kualitas Layanan Interaksi). Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 50 responden yang sudah pernah melakukan pembelian di situs e-commerce Shopee. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Pada pengujian asumsi klasik, digunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas dengan pengujian hipotesis F dan T. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel tidak terikat dengan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Usability, Information Quality, dan Service Interaction Quality memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian dengan (R Square) sebesar 29%.
Kata Kunci: keputusan pembelian, webqual 4.0, shopee
Abstract
This study describes purchasing decisions on e-commerce Shopee web using variables on the WebQual 4.0 method, namely Usability, Information Quality and Service Interaction Quality. In this study data was collected through a questionnaire on 50 respondents who had made purchases at Shopee. Quantitative analysis includes validity test, reliability test. In testing classical assumptions, normality, multicollinearity and heteroscedasticity tests are used by testing the F and T hypotheses. Multiple linear regression analysis is used to determine the effect of the dependent variable on the dependent variable. The results showed that Usability, Information Quality, and Service Interaction Quality variables had an influence on the purchasing decisions with (R Square) of 29%.
Keywords: purchasing decisions, webqual 4.0, shopeeTeks Lengkap:
PDFReferensi
Aribowo, D. P. J., & Nugroho, M. A. (2013). Pengaruh Trust Dan Perceived of Risk Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Menggunakan E-Commerce. Jurnal Nominal, 2(1), 12–35. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Fauzi, A. F., Hidayat, Z., & Irwanto, J. (2018). Pengaruh Faktor Sosial dan Psikologi Dalam Melakukan Keputusan Pembelian Produk Mebel Alumunium Pada Home Industry Berkah Alumunium Lumajang Achmad Farris Fauzi 1 STIE Widya Gama Lumajang. Progress Conference, 1(1), 407–414.
Ghafiki, R., & Setyorini, R. (2017). Pengaruh Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Bukalapak.Com the Impact of Website Quality To Purchase Decision on Bukalapak.Com, 4(1), 678–686.
Hendrianto, D. E. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. Hendrianto, 3(4), 57–64. https://doi.org/10.1123/IJNS.V4I3.288
Kuat, S., Hasiolan, L. B., & Warso, M. M. (2014). Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah pada perumahan bukit semarang baru (bsb) city di semarang. Jurnal Skripsi Ekonomi Manajemen 2014, 1–16.
Mujiatun, S. (2013). JUAL BELI DALAM PERSPEKTIF ISLAM : SALAM DAN ISTISNA’ Siti Mujiatun (Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). JURNAL RISET AKUNTANSI DAN BISNIS Vol 13 No . 2 / September 2013, 13(September), 202–216.
Napitupulu, D. B. (2016). Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual [Evaluation of XYZ University Website Quality Based on Webqual Approach]. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 14(1), 51. https://doi.org/10.17933/bpostel.2016.140105
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta, IV(2), 60–69.
Sastika, W. (2017). Pelanggan Belanja Online Shoppe ( Studi Kasus : Pelanggan Shopee Di Kota Bandung 2017 ).
Sugiyanto, Y., Muslihudin, M., & Satria, F. (2018). SISTEM PAKAR DIAGNOSIS KUALITAS BIBIT KAMBING PE ( PERANAKAN ETTAWAH ) MENGGUNAKAN IMAGE PROSSESING BERBASIS WEBSITE, (2014).
DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v4i1.4990
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT