Analisis Efektifitas Animasi Pembelajaran Huruf Dan Angka Untuk Tuna Aksara Menggunakan Flash

Dedi Setiadi, Restu Nugroho, Muhammad Mukhlish, Ryan Aulia, Tiko Dwi Handoko

Sari


ABSTRAK

Tuna aksara adalah salah satu masalah yang masih banyak terjadi di Indonesia. Padahal dengan seseorang bisa menulis dan membaca, maka orang tersebut tidak akan ketinggalan dengan berbagai informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang semakin berkembang dan mengalami kemajuan. Dengan  teknologi yang modern seperti saat ini telah banyak metode pembelajaranyang diciptakan agar dapat mempermudah membaca. Jadi kami disini mencoba membuat cara pembelajaran mengenal huruf dan angka untuk tuna aksara menggunakan sebuah aplikasi yang mudah dipahami.Pada penelitian ini kami menggunakan macromedia untuk membuat aplikasi yang ditujukanbagi orang yang mengalami buta huruf atau tuna aksara. Selain Macromedia kami juga menggunakan aplikasi pendukung untuk membuat project tersebut. Dalam pembuatan aplikasi ini kami menggunakan software pendukung. Beberapa software yang kami gunakan yaitu Adobe Photoshop CS6, Adobe Audition, Macromedia Director. Fitur yang akan disediakan dalam aplikasi ini berupa materi mengenai pengenalan huruf dan angka yang dilengkapi gambar dan suara.

Kata kunci: Tuna Aksara, flash, pembelajaran, membaca, menulis

 

ABSTRACT

Literacy is one problem that still occurs in Indonesia. Even though someone can write and read, then that person will not be left behind with various information, science, and technology that are increasingly developing and progressing. With modern technology like today there have been many learning methods that were created to make reading easier. So we are here trying to make the learning method recognize letters and numbers for illiterates using an easy-to-understand application. In this study we used macromedia to create applications aimed at people who are illiterate or illiterate. Besides Macromedia we also use supporting applications to create the project. In making this application we use supporting software. Some of the software that we use are Adobe Photoshop CS6, Adobe Audition, Macromedia Director. The features that will be provided in this application are in the form of material about the introduction of letters and numbers equipped with images and sounds.

Keywords: Literacy, flash, learning, reading, writing


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sutopo, Hadi, Metode pengembangan multimedia, (Online), (http://widyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files /20017/multimediaDevelopment1.pdf., diakses 10 Mei 2014)

AJ.Dix, dkk, 2003, Human Computer Interaction : Third Edition, Prentice Hall, USA

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online http://kbbi.web.id/ (diakses 30 April 2016)

Santoso, Insap, Interaksi Manusia dan Komputer: Teori dan Praktek, Edisi Kedua, Andi Offset, Yogyakarta, 2009.

William B. Sanders, Macromedia Flash MX Professional 2004

User Guide , Adobe Audition 1.5

Adele Droblas Greenberg, Seth Greenberg, The Complete Reference Photoshop CS 6




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v4i1.4747

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License