Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Data Umroh (Studi Kasus: PT. Utsmaniyyah Hannien Tour Tasikmalaya)

Irni Rahmi Rahmatillah, Agung Baitul Hikmah

Sari


Abstrak
Haji dan Umroh merupakan rukun islam yang ke-lima yang mana wajib dilaksanakan bagi yang mampu. Namun dengan lamanya pemberangkatan haji zaman sekarang masyarakat lebih banyak yang melaksanakan umroh, karena umroh lebih cepat dilaksanakan dan waktunya lebih singkat. Kebutuhan konsumen terhadap suatu informasi Perusahaan jasa Tours dan Travel sangat penting, yaitu agar mendapatakan informasi yang cepat, akurat dan relevan. Namun, Pada perusahaan jasa Tours dan Travel pada PT. Utsmaniyah Hannien Sistem pelayananan administrasi data umroh dan haji konvensional yang diterapkan selama ini dianggap sangat tidak efektif karena waktu yang dibutuhkan untuk mengolah data para jama’ah sangat lama, hal ini menimbulkan antrian panjang dan belum lagi proses pendaftaran menjadi lama. Untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul di dalam perusahaan travel tersebut maka pihak travel membutuhkan suatu sistem yang terkomputerisasi untuk proses pendaftaraan, pembayaran, dan pemberangkatan umroh. Dengan adanya sistem tersebut akan lebih mempermudah konsumen untuk melakukan pendaftaraan, pembayaran, dan penyerahan dokumen persyaratan yang mana bagian administrasi juga akan lebih mudah untuk mengatasi pengumpulan data calon jama’ah umroh.
Kata Kunci: pelayanan administrasi, perancangan sistem informasi

Abstract
Hajj and umroh is the fifth pillar of islam which must be done for the capable. But with the duration of hajj pilgrimage today more people who implement umroh, because umroh more quickly implemented and the time was shorter. Consumer needs for an information company tours and travel services was very important, that was to get information fast, accurate, and relevant. However at tours and travel services company at PT. Utsmaniyyah Hannien thy system of administration of data of umroh and hajj conventional, applied so far is considered very ineffective becaouse the time required to process the data of the jamaah was very long, this caused a long queue and not to mention the registration process to be long. To overcome the problems that arise in the travel company, the travel requires a computerized system for the process of registration, payment, and departure umroh. With thy system will make it easier for consumers to make registration, payment, and submission of requirements documents in which thy administration will also be easier to overcome thy data collection of candidates jamaah umroh.
Keywords: service administration, system design information

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.S, Rosa dan M Shalahuddin. 2014.Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika bandung.

Darmawan. 2014. Sistem Informasi Pendaftaran Umroh dan Haji pada PT. Cahaya Iman Tour & Travel. Informatika Amikom

Fathansyah. 2012. Basis Data. Bandung: Informatika Bandung.

Hasugian dan Sidiq. 2012. Logical Record Structure. Diambil dari: http://karyatulisilmiah.com/lrs-logical-record-structure/. (17 September 2017).

Hikmah, Agung Baitul., Supriadi, Deddy., Alawiyah, Tuti. 2015. Cara Cepat Membangun Website dari Nol. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Priyadi, Yudi. 2014. Kolaborasi SQL dan ERD Dalam Implementasi Database. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Tantra, Rudy. 2012. Manajemen Proyek Sistem Informasi.Yogyakarta: CV Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v3i1.3751

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License