Intelligent Tutoring System Untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Dalam Fisika Dasar Berbasis Metode Bayesian Network

Miftah Farid Adiwisastra, Noor Cholis Basjaruddin

Sari


Abstrak

Intelligent Tutoring System (ITS) adalah suatu program aplikasi interaktif  yang menerapkan metode dalam kecerdasan buatan  yang dapat digunakan sebagai media penyampai informasi maupun sebagai media evaluasi dalam proses pembelajaran. Intelligent Tutoring System (ITS) atau Sistem Tutor Cerdas (STC), memberikan keleluasaan pada siswa untuk mengaplikasikan ketrampilannya dengan melaksanakan tugas atau mengerjakan latihan-latihan pada pelajaran tertentu secara interaktif. Penelitian ini bertujuan memaparkan konsep-konsep, teori maupun pengembangan model/arsitektur  untuk STC dengan menggunakan Bayesian Network. Selain tujuan di atas, penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana Bayesian Network digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa dalam  fisika dasar, beserta saran/rekomendasi pedagogic agar STC lebih adaptif. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini setelah dilakukan ujicoba dengan data sampel 100 siswa SMP Islamic Boarding System Darul Muta’allimin Tasikmalaya untuk diukur kemampuan kognitifnya dengan metode Bayesian Network yaitu 33% Tinggi, 41% Sedang, dan 26% rendah. Selain itu penelitian ini juga menghasilkan suatu tool tutoring untuk mengukur kemampuan kognitif menerapkan konsep ITS dengan menggunakan metode Bayesian Network.

Kata Kunci : bayesian network, intelligent tutoring system , kemampuan kognitif

 

Abstract

Intelligent Tutoring System ( ITS ) is an interactive application program that implements the method of artificial intelligence that can be used as a medium conveys information as well as the evaluation of the media in the learning process. Intelligent Tutoring System  enabling students to apply their skills to carry out a task or doing exercises on specific subjects interactively . This study aims to describe the concepts , theory and model development / architecture for Intelligent Tutoring System by using Bayesian Network. In addition to the above objectives , this study is also to determine how the Bayesian Network is used to measure the cognitive abilities of students in bbasic physics , along with suggestions / recommendations that the pedagogic intelligent tutoring system more adaptive. The final results obtained from this study after the tests with a data sample of 100 junior high school students Islamic Boarding System Darul Muta'allimin Tasikmalaya for cognitive abilities measured by the method of Bayesian Network namely 33 % High , Medium 41 % , and 26 % lower. In addition , this study also produced a tutoring tool to measure cognitive ability to apply the concept of ITS using the Bayesian Network.

Keywords: bayesian network, cognitive ability, intelligent tutoring system

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anas, Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Arikunto, S. 2011. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Bloom, B., Engelhart, M., Murst, E., Hill, W., & Drathwohl, D. (1956).Taxonomy of Educational Ob-jectives: Handbook I, Cognitive Domain. Longman

Roselina, Yunita Nancy, dkk, Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Menggunakan Bayesian Network Berbasis Web, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 1, September 2012, Riau.

Santika, I Wayan,2012. Pengembangan Sistem Pakar Konsultasi Hama dan

Penyakit Tanaman Jeruk Menggunakan Metode Bayesian Network berbasis Web, Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 1, No. 4, Agustus 2012.

Siswanto, Surya Supeno, Moch. Hariadi, 2009.Sistem Tutor Cerdas Berbasis Metode Bayesian Network untuk Klasifikasi Autonomous Tingkat Kognisi, Paper Program Pascasarjana Bidang Studi Sistem Komputer, Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Tinaliah, 2015. Aplikasi Sistem Pakar Untuk mendiagnosa Penyakit Hewan Ternak Sapi Dengan Bayesian Network. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, Vol. 5, No. 1, Januari 2015.

Variq, Surya Supeno, Moch. Hariadi, 2010. Sistem Tutor Cerdas Menggunakan Metode Bayesian Network, Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Wibowo, Djoko. Edi Noersasongko, Romi Satria Wahono, 2012, Identifikasi Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Penjumlahan Susun Berbasis Finite State Machine. Jurnal Teknologi Informasi, Volume 8 Nomor 1, April 2012.

Yatao Li, Xidian University, Xi’an, China, 2015. Developing an Intelligent Tutoring System that has Automatically Generated Hints and Summarization for Algebra and Geometry. International Journal of Information and Communication Technology Education, 11(2), 14-31, April-June 2015.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v2i2.2777

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License