Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori

Dini Silvi Purnia, Ai Ilah Warnilah

Sari


Abstrak

Optik Nasional merupakan salahsatu optik yang ada di Tasikmalaya, Pada kegiatanya Optik Nasional ini melakukan proses jual beli Kacamata dengan berbagai merk, Banyak nya Transaksi Penjualan sehari-hari maka data penjualan pun semakin lama akan bertambah semakin banyak. Jika dibiarkan saja, maka data-data transaksi penjualan tersebut hanya menjadi sampah yang tidak berarti. Dengan adanya dukungan perkembangan teknologi, semakin berkembang pula kemampuan dalam mengumpulkan dan mengolah data. Pemanfaatan informasi dan pengetahuan yang terkandung di dalam banyaknya data tersebut, pada saat ini disebut dengan data mining. Data-data transaksi tersebut tidak hanya berfungsi sebagai arsip bagi perusahaan, data tersebut dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi yang berguna untuk peningkatan penjualan dan promosi produk. Untuk mendapatkan informasi tentang hasil produk yang paling banyak di jual dan diminati di perusaahn optik nasional dari suatu database transaksi, penulis menggunakan algoritma Apriori, sehingga nanti hasilnya dapat digunakan untuk pengembangan peningkatkan penjualan dan pemasaran produk kacamata.

Kata Kunci : algoritma apriori , data mining, penjualan

 

Abstract

Optik Nasional is one of the main optik in Tasikmalaya, the Optik Nasional In its activities through the process of buying and selling glasses with various brands, Many of his daily sales transactions, the data even longer sales will increase more and more. If left alone, the sales transaction data only becomes meaningless garbage. With the support of technology development, growing well as the ability to collect and process data. Utilization of information and knowledge contained in the amount of data, at this time is called data mining. The transaction data not only serves as an archive for the company, such data can be utilized and processed into useful information for increased sales and promotional products. To get information about the results of the most products on sale and in demand in the national optical perusaahn of a database transaction, the author uses the Apriori algorithm, so that then the results can be used for enhancing the development of sales and marketing of eyewear products

Keywords : apriori algorithm, data mining, sales

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Denny Haryanto, Yetli Oslan dan Djoni Dwiyana. (2011). Implementasi Analisis Keranjang Belanja Dengan Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Motor. Jurnal Buana Informatika Volume 2, Nomor 2, Juli 2011, 81-94.

Handoko, Suryadi. (2010). Pengantar Data Mining. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hapsari Dita Anggraeni, Ragil Saputra, S.Si,M.Cs, Beta Noranita, S.Si, M.Kom. (2013). APLIKASI DATA MINING ANALISIS DATA TRANSAKSI PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN ALGORITMA . ournal of Informatics and Technology, Vol 2, No 2, Tahun 2013, p 22-28, 22-28.

Hermawati, F. A. (2013). Data Mining. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kusrini, Emha taufiq luthfi. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nugroho Wandi, R. A. (2012). Pengembangan Sistem Rekomendasi Penelusuran Buku dengan Penggalian Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur). JURNAL TEKNIK ITS Vol. 1 (Sept, 2012) ISSN: 2301-9271.

Pane, D. K. (2013). IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK DENGAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : KREDITPLUS). Pelita Informatika Budi Darma.

Setiawati, D. D. (2009). PENGGUNAAN METODE APRIORI UNTUK ANALISA KERANJANG PASAR PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN MINIMARKET MENGGUNAKAN JAVA & MYSQL. Gunadarma, 5.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v2i2.2776

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License