Sistem Informasi Penjualan Online Pada Toko Yusuf Bekasi

Miwan Kurniawan Hidayat, Retno Catur Pangestu Ningrum

Sari


Abstrak

Dalam rangka meningkatkan penjualan dan memberikan kenyamanan kepada pelanggan, maka dibutuhkan media yang mendukung penjualan secara online yaitu e-commerce. E-commerce merupakan suatu kontak transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui e-commerce adalah untuk meningkatkan pendapatan menggunakan penjualan online dengan menghemat biaya-biaya operasional seperti kertas, tinta, dan pencetakan katalog. Metode yang dilakukan adalah menganalisa sistem secara lebih rinci baik proses, prosedur dan fungsi sesuai dengan data-data yang telah dikumpulkan, tahapan-tahapan analisa sistem dibagi dalam beberapa tahapan yaitu analisa kebutuhan sistem, analisa data, dan analisa modul sistem. Dengan adanya sistem informasi penjualan secara online diharapkan penyampaian informasi penjualan produk pada toko Yusuf Bekasi bisa mudah dilakukan dan jangkauan pasar semakin luas serta mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan produk dengan memanfaatkan media internet sehingga lebih efektif dan efisien. Hal lain yang diharapkan dari pengembangan sistem informasi penjualan secara online yaitu sistem informasi yang terbentuk dapat mempermudah proses pengolahan dan pengelolaan data penjualan produk menjadi lebih akurat dan tepat.

Kata kunci: Sistem Informasi, e-commerce.

 

Abstract

In order to increase sales and provide convenience to customers, it takes a media that supports online sales of e-commerce. E-commerce is a contact of trade transactions between sellers and buyers using the internet media. The advantage gained by using transactions through e-commerce is to increase revenue using online sales by saving on operational costs such as paper, ink, and catalog printing. The method is to analyze the system in more detail both process, procedure and function in accordance with the data that have been collected, the stages of system analysis is divided into several stages: system requirement analysis, data analysis, and system module analysis. With the online sales information system is expected to deliver product sales information on the store Yusuf Bekasi can be easy to do and the market reach more broad and facilitate customers in ordering products by utilizing the internet media so more effective and efficient. Another thing that is expected from the development of information systems online sales of information systems that formed can facilitate the processing and management of product sales data to be more accurate and precise.

Keywords: Information System, e-commerce.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariestian, R., Mulyono, H. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Emas Pada Pt. Pegadaian Cabang Mall Kapuk Jambi. Manajemen Sistem Informasi, 11-17.

Chandra, A., Hermawan, D. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.

Kosasi S. (2015). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dalam Memasarkan Mobil Bekas. Citec, 1-14.

Rosa, A. S., Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v2i2.2775

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License