Sistem Informasi Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit Menggunakan Metode Algoritma C4.5

Nurhadi Nurhadi, Khabibillah Khabibillah, Imam Zaenudin, Miswadi Miswadi, Ifan Prihandi

Sari


Salah satu pelayanan rumah sakit yang akan meningkatkan mutu rumah sakit selain jasa pelayanan kesehatan yaitu pada pelayanan makanan. Beberapa masalah yang dihadapi dalam pelayanan di rumah sakit dalam pelayanan makanan diantaranya belum sesuai dengan harapan pasien, karena terlambatnya waktu pengiriman makanan ke pasien, kurangnya variasi menu, makanan tidak enak atau kurang sesuainya rasa makanan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk membuat sistem informasi yang dapat memberikan penilaian tentang kepuasan pasien dalam menerima pelayanan khususnya pada pelayanan makanan, sehingga masalah pada pelayanan makanan dapat teratasi. Algoritma c4.5 digunakan sebagai metode untuk menganalisa data yang didapat. Sedangkan untuk pengembangan sistem menggunakan metode prototipe. Hasil dari penelitian ini didapatkan sistem informasi yang dapat memberikan penilaian terhadap kepuasan pasien sehingga dapat mengatasi masalah pada pelayanan makanan dan aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah karena pengembangannya melibatkan pengguna karena menggunakan metode prototipe.

 

One of the hospital services that will improve the quality of hospitals apart from health services is food services. Some of the problems faced in hospital services include food services not meeting patient expectations, due to delays in food delivery to patients, lack of menu variety, bad food or poor taste of the food. This research aims to create an information system that can provide an assessment of patient satisfaction in receiving services, especially food services, so that problems with food services can be resolved. In this system the author uses the c4.5 algorithm method to analyze the data obtained. And for system development the author uses the prototype method. The results of this research obtained an information system that can provide an assessment of patient satisfaction so that it can overcome problems in food service and this application can be used easily because its development involves users because it uses a prototype method.


Teks Lengkap:

PDF 21-29

Referensi


Aisyah, S., Rumapea, B. J., Halwan, M. G., & Siahaan, D. H. (2020). Comparative Analysis of Data Customer Classification with C4.5 Algorithm. Internetworking Indonesia Journal, 12(2), 3–7. https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/85136494532

Alawiah, R. H., Saifullah, S., & Damanik, I. S. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Bengkel Menggunakan Metode Algoritma C4. 5. Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer Dan Manajemen). http://tunasbangsa.ac.id/pkm/index.php/kesatria/article/view/55

Alkhairi, P., & Situmorang, Z. (2022). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Kepuasan Pegawai Terhadap Pelayanan Bidang SDM dengan Algoritma C4. 5. JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika). http://ejurnal.tunasbangsa.ac.id/index.php/jurasik/article/view/414

Ananti Putri Safira, Antonia Desya, Chelsy Zanedfi, Pebro Vaulina Rajagukguk, Malika Shakira, Izza Maulida, & Eva Zuraidah. (2023). Analisa Kepuasan dan Kualitas Pelayanan Pelanggan Pada Pemesanan Makanan Menggunakan Metode Servqual. Jurnal TIN: Terapan Informatika Nusantara. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/view/4612

Chen, F. (2021). The Management Information System of College Education and Teaching Based on C4.5 Classification Algorithm. In Lecture Notes in Electrical Engineering (Vol. 747, pp. 2117–2121). https://doi.org/10.1007/978-981-16-0115-6_253

Deng, C., & Ma, Z. H. (2021). Research on C4.5 Algorithm Optimization for User Churn. In 2021 IEEE International Conference on Computer Science, Artificial Intelligence and Electronic Engineering, CSAIEE 2021 (pp. 75–79). https://doi.org/10.1109/CSAIEE54046.2021.9543367

Li, S., Xu, D., Liu, Y., Wang, R., & Zhang, J. (2022). Identification Method of Influencing Factors of Hospital Catering Service Satisfaction Based on Decision Tree Algorithm. Applied Bionics and Biomechanics, 2022, 1–11. https://doi.org/10.1155/2022/6293908

Mohammad, G. B., Shitharth, S., & Dileep, P. (2022). Classification of Normal and Anomalous Activities in a Network by Cascading C4.5 Decision Tree and K‐Means Clustering Algorithms. In Social Network Analysis (pp. 109–131). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119836759.ch7

Nuraini, P., Hardinata, J. T., & Purba, Y. P. (2022). Penerapan Algoritma C4. 5 Untuk Klasifikasi Pola Kepuasan Pelayanan E-Ktp Di Kantor Camat Pematang Bandar. Resolusi : Rekayasa Teknik Informatika Dan Informasi. http://www.djournals.com/resolusi/article/view/313

Nurhadi, N. (2022). Sistem Informasi Administrasi Rekam Medis Pada Klinik Berbasis Web Menggunakan Metode Prototipe. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 7(2), 91–102. https://doi.org/10.31294/ijcit.v7i2.13436

Purwanto, E., Utomo, B. P. C., & Permatasari, H. (2022). Prototype sistem informasi monitoring penjualan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(4), 761–768. https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/4880

Putri, S. M., & Arnomo, S. A. (2020). Penerapan Algoritma C4. 5 Untuk Prediksi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: Hinet Batam). Journal of Information System Research (JOSH). http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/69

Rahayu, S., Damanik, I. S., & Fauzan, M. (2021). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Pengadilan Negeri Simalungun Menggunakan Metode Algoritma C4. 5. JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika). http://ejurnal.tunasbangsa.ac.id/index.php/jurasik/article/view/273

Rufiyanto, A., Rochcham, M., & Rohman, A. (2021). Prediksi Kepuasan Mahasiswa dengan Menggunakan Algoritma C4. 5 terhadap Pelayanan Akademik. Jurnal Transformatika. https://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/article/view/2692

Sun, Y., Fu, Y., & Xu, T. (2022). Research and Analysis of Physical Health Test for Students Based on C4.5 Algorithm in Universities with Industry Characteristics. In Proceedings - 2022 9th International Conference on Dependable Systems and Their Applications, DSA 2022 (pp. 945–953). https://doi.org/10.1109/DSA56465.2022.00133

Thohari, A. H., & Anita, W. S. (2020). Smart dunning to improve collection ratio in internet service provider using C4.5 algorithm. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1450, Issue 1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1450/1/012062

Widiastuti, T., Karsa, K., & Juliane, C. (2023). Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Menggunakan Metode Klasifikasi Algoritma C4. 5. Technomedia Journal. https://ijc.ilearning.co/index.php/TMJ/article/view/1932




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v9i1.21833

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License