Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Dan Penyaluran Donasi Pada DPU-DT Kota Sukabumi

Nurromlah Nurromlah, Yuri Rahayu, Lis Saumi Ramdhani

Sari


Abstrak

 

Sensitif sekali permasalahan yang berhubungan dengan Donasi (Zakat, impaq dan shodakoh) karena donasi berkaitan erat dengan masalah keuangan yang berpeluang untuk dimanupulasi bahkan dikorupsi. Butuh  tingkat keimanan dan kejujuran yang tinggi atas kinerja para pengelolanya. Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhid atau biasa disingkat dengan DPU-DT adalah sebuah lembaga Amil Zakat Nasional yang memfokuskan pada pengelolaan zakat, Impaq dan shodaqoh  secara profesional dengan menitik beratkan program kemandirian ummat, pendidikan dan pelatihan ummat dan sosial kemanusiaan. Selama ini permasalahan yang muncul  di dalam pengelolaan transaksi penerimaan dan penyaluran Donasi masih dilakukan secara manual sehingga transparansi atas Laporan donasi masih terbatas dan membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk menghasilkan Laporan  yang baik dan benar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Solusi untuk mengatasi permasalahan yang selama ini dihadapi diupayakan dengan  merancang suatu sistem  Informasi Penerimaan dan Penyaluran Donasi yang terkomputerisasi, sehingga diharapkan pengelolaan dari transaksi penerimaan dan penyaluran Donasi  bisa lebih efektif dan efisien sehingga berefek kepada pembuatan  Laporan keuangan dan pertanggung jawaban pengelola bisa tepat waktu.

 

Kata Kunci : Donasi, Perancangan Sistem Informasi

 

Abstract

 Sensitive issues problem is relating to Donation (Zakat, IMPAQ and shodakoh) for donation is closely related to financial issues likely to be manipulated even corrupted. Need the level of faith and honesty for the performance of the managers. Wallets Peduli Ummat Daarut Tauhid or commonly abbreviated as DPU-DT is a National Zakat institution that focuses on the management of zakat, shodaqoh Impaq and professional manner by focusing on community self-reliance programs, education and training community and social humanity. During this time the problems that arise in the management of the transaction receipt and distribution of donations is still done manually so that the transparency of donations is still limited and the report takes a little longer to produce a report that is good and right. The method used is the method of research and development is a research method that is used to produce a particular product, and test the effectiveness of these products.Solutions to overcome the problems that had faced attempted to design a system of Information Reception and Distribution Donate computerized, so expect the management of the transaction receipt and distribution of donations can more effectively and efficiently so that the effect of the financial report creation and accountability for the management of punctuality.

 

Keywords: Donation, Information Systems Design.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hidayat, T. (2010, Juli 8). Pengelolaan Dana zakat, infak dan shadaqoh untuk pemberdayaan Ekonomi Umat. Dipetik Oktober 10, 2016, dari digilig.uin-suka.ac.id/527/1/1bab%201.v.%20daftar%pustaka.df

Huda, N., & Dkk. (2013). Komparasi AHP dan ANP Penentuan Solusi Pengelolaan Zakat. EKUITAS Akreditasi No.80/Dikti/Kep/2012 ISSN:1411-0393, 357-375 Vo.17 No.3 September 2013.

Liana, l. (2009, Oktober). Arisan Smart sebagai Media menyumbang, Menabung dan Berinvestasi. Diambil kembali dari eprint.unisbank.ac.id/1887/1/lili-2.pdf.

Setiawati, L. (2011). Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan proses dan penerapan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiono. (2012). Metode penelitian kuantitatif dan kualilatif dan R & D . Bandung, Indonesia: Alpabeta.

Sutabri, T. (2012). Analisis sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

UU RI No.23. (2011). Undang-Undang Republik Indonesia tentang pengelolaan zakat.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v2i1.1908

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License