IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE BRUCE FORCE DALAM GAME SMILEY PONG BERBASIS ANDROID

Gema Dzikrillah, A. Gunawan, Wawang Adidarma

Sari


Abstract - First thought when hear word of Brute Force is “Destruction” and “Force” this because of our daily life when facing a problem and try everything possible but it’s doesn’t work the final solution is with the force and very often this force end with the destruction. For little example when our door is jammed and the very easy way to open it again is with force and break that door. But when come with artificial Intelligence, Brute Force doesn’t always come with “destruction and “force”. The logic happen here is how to solve the problem with the most easy way and doesn’t required a lot of thinking. At making of this game the implementation of Brute Force isn’t a destruction or a force that came with it in our brain. But a problem solving with a very simple way dan not required a long time thinking to solve it. Work with the simple artificial inteligence smiley pong game also a simple game which is based on the first digital game in the world PONG. The Brute Force roled in Artificial Intellingece (AI) computer which become an opponent to player is this game.
Key Word: brute force, implementation, game, pong, artificial intelligence

Abstrak - Pemahaman umum yang muncul ketika mendengar kata Brute Force ialah “kerusakan” dan “paksaan” ini disebabkan keseharian kita bila mengalami masalah hal yang bisal dilakukan setelah semua hal dicoba untuk memecahkan masalah tersebut tapi tidak berhasi maka solusi terakhir ialah dengan sebuah paksaan dan seringkali paksaan ini menghasilkan sebuah kerusakan. Contoh sederhana ketika pintu macet maka penyelesaian mudahnya agar bisa kembali terbuka ialah dengan cara paksa dan merusak pintu tersebut. Tapi jika dikaitkan dengan kecerdasan buatan brute force tidak selalu berkaitan dengan “kerusakan” dan “paksaan”. logika yang terjadi disini ialah bagaimana menyelesaikan masalah dengan cara yang paling sederhana dan tidak memerlukan pemikiran panjang. Pada pembuatan game ini implementasi dari kecerdasan buatan brute force bukan sebuah kerusakan atau pun sebuah paksaan yang tersirat di dalam benak kita, tapi sebuah penyelesaian masalah dengan cara yang paling sederhana dan tidak memerlukan pemikiran panjang untuk menyelesaikannya. Sejalan dengan kecerdasan buatan yang sederhana game smiley pong pun merupakan game yang sederhanan pula yang berdasarkan game digital pertama di dunia yakni PONG. Kecerdasan buatan Brute Force ini berperan didalam Artificial Intelligence ( AI ) komputer yang menjadi lawan bagi pemain di dalam game ini.
Kata Kunci: kecerdasan buatan, brute force, implementasi, game, pong


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


El Rhalibi, Abdennour, Kok Wai

Wong, and Marc Price. 2009.

Artificial Intelligence for Computer

Games. International Journal of

Computer Games Technology.

Lane, Jan-Erik. 2000. The Public

Sector: Concepts, Models And

Approchaches. London: SAGE

Publications

McCarthy, John. 2007. What Is

Artificial Intelligence?. California:

Stanford Unifersity.

Murtiwiyati dan Glenn Lauren. 2013.

Rancang Bangun Aplikasi

Pembelajaran Budaya Indonesia

Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis

Android. Jakarta: Universitas

Gunadarma.

Nidhra, Srinivas and Jagruthi

Dondeti.2012. Black Box And White

Box Testing Techniques-A literature

Review. International Journal of

Embedded Systems and

Applications.

Pressman, Roger S.2001. Software

Engineering. Newyork: McGraw-Hill

Higher Education.

Rinaldi, Munardi. 2004. IF2251

Strategi Algoritmik. Bandung: Institut

Teknologi Bandung.

Salen, Katie and Eric Zimmerman.

Rules Of Play – Game Design

Fundamentals. London:

Massachusetts Institute of

Technology.

Schwab, Brian.2009. AI Game Engine Programing. Boston:Course Technology.

Suprizal. 2012.Pembuatan Game Tembak-Tembakan Pertempuran Surabaya berbasis Flash.Yogyakarta:Sekolah Tinggi Manajamen Komputer AMIKOM.

Williams, Laurie. 2006. Testing Overview And Black-Box Testing Techniques.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v1i2.1529

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License