IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE BRUCE FORCE DALAM GAME SMILEY PONG BERBASIS ANDROID
Sari
Abstract - First thought when hear word of Brute Force is “Destruction” and “Force” this because of our daily life when facing a problem and try everything possible but it’s doesn’t work the final solution is with the force and very often this force end with the destruction. For little example when our door is jammed and the very easy way to open it again is with force and break that door. But when come with artificial Intelligence, Brute Force doesn’t always come with “destruction and “force”. The logic happen here is how to solve the problem with the most easy way and doesn’t required a lot of thinking. At making of this game the implementation of Brute Force isn’t a destruction or a force that came with it in our brain. But a problem solving with a very simple way dan not required a long time thinking to solve it. Work with the simple artificial inteligence smiley pong game also a simple game which is based on the first digital game in the world PONG. The Brute Force roled in Artificial Intellingece (AI) computer which become an opponent to player is this game.
Key Word: brute force, implementation, game, pong, artificial intelligence
Abstrak - Pemahaman umum yang muncul ketika mendengar kata Brute Force ialah “kerusakan” dan “paksaan” ini disebabkan keseharian kita bila mengalami masalah hal yang bisal dilakukan setelah semua hal dicoba untuk memecahkan masalah tersebut tapi tidak berhasi maka solusi terakhir ialah dengan sebuah paksaan dan seringkali paksaan ini menghasilkan sebuah kerusakan. Contoh sederhana ketika pintu macet maka penyelesaian mudahnya agar bisa kembali terbuka ialah dengan cara paksa dan merusak pintu tersebut. Tapi jika dikaitkan dengan kecerdasan buatan brute force tidak selalu berkaitan dengan “kerusakan” dan “paksaan”. logika yang terjadi disini ialah bagaimana menyelesaikan masalah dengan cara yang paling sederhana dan tidak memerlukan pemikiran panjang. Pada pembuatan game ini implementasi dari kecerdasan buatan brute force bukan sebuah kerusakan atau pun sebuah paksaan yang tersirat di dalam benak kita, tapi sebuah penyelesaian masalah dengan cara yang paling sederhana dan tidak memerlukan pemikiran panjang untuk menyelesaikannya. Sejalan dengan kecerdasan buatan yang sederhana game smiley pong pun merupakan game yang sederhanan pula yang berdasarkan game digital pertama di dunia yakni PONG. Kecerdasan buatan Brute Force ini berperan didalam Artificial Intelligence ( AI ) komputer yang menjadi lawan bagi pemain di dalam game ini.
Kata Kunci: kecerdasan buatan, brute force, implementasi, game, pong
Teks Lengkap:
PDFReferensi
El Rhalibi, Abdennour, Kok Wai
Wong, and Marc Price. 2009.
Artificial Intelligence for Computer
Games. International Journal of
Computer Games Technology.
Lane, Jan-Erik. 2000. The Public
Sector: Concepts, Models And
Approchaches. London: SAGE
Publications
McCarthy, John. 2007. What Is
Artificial Intelligence?. California:
Stanford Unifersity.
Murtiwiyati dan Glenn Lauren. 2013.
Rancang Bangun Aplikasi
Pembelajaran Budaya Indonesia
Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis
Android. Jakarta: Universitas
Gunadarma.
Nidhra, Srinivas and Jagruthi
Dondeti.2012. Black Box And White
Box Testing Techniques-A literature
Review. International Journal of
Embedded Systems and
Applications.
Pressman, Roger S.2001. Software
Engineering. Newyork: McGraw-Hill
Higher Education.
Rinaldi, Munardi. 2004. IF2251
Strategi Algoritmik. Bandung: Institut
Teknologi Bandung.
Salen, Katie and Eric Zimmerman.
Rules Of Play – Game Design
Fundamentals. London:
Massachusetts Institute of
Technology.
Schwab, Brian.2009. AI Game Engine Programing. Boston:Course Technology.
Suprizal. 2012.Pembuatan Game Tembak-Tembakan Pertempuran Surabaya berbasis Flash.Yogyakarta:Sekolah Tinggi Manajamen Komputer AMIKOM.
Williams, Laurie. 2006. Testing Overview And Black-Box Testing Techniques.
DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v1i2.1529
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT