Analisis Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Al-Mukrom Bojonggambir

Fitra Septia Nugraha, Deddy Supriadi, Hendri Mahmud Nawawi, Ahmad Hafidzul Kahfi

Sari


ABSTRAK

Salah satu bentuk komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah internet. Berdasarkan hasil survei APJII menunjukan, pemanfaatan internet lebih digunakan sebagai gaya hidup. Peneliti juga melihat rendahnya minat peserta didik SMA Al-Mukrom Bojonggambir terhadap belajar dan lebih memilih memainkan handphone untuk berinternet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa dan dampak intensitas penggunaan internet pada siswa SMA Al-Mukrom Bojonggambir. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Variabel bebas yang digunakan adalah intensitas penggunaan internet dengan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI angkatan 2018 dengan sampel 47 siswa. Data diperoleh dari hasil kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara intensitas penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,722 dan nilai koefisien determinasi (Rsquare) yang didapat sebesar 0,522. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y=95,228+(-0,578)X. Intensitas penggunaan internet di kalangan siswa ini masuk kategori heavy user.

ABSTRACTS

One of the most widely used forms of communication today is the internet. Based on the results of the APJII survey, the use of the internet is more used as a lifestyle. The researcher also saw the low interest of students at Al-Mukrom Bojonggambir High School towards learning and preferring to play their cellphones to surf the internet. This study aims to determine the effect of the intensity of internet use on student achievement and the impact of the intensity of internet use on students of Al-Mukrom Bojonggambir Senior High School. This research is a survey research. The independent variable used in this study is the intensity of internet use and the dependent variable is learning achievement. The research subjects were class XI 2018 students with a sample of 47. The data were obtained from the results of questionnaires and documentation. The data analysis technique used descriptive statistics and regression analysis. The validity test uses the product moment correlation and the reliability test uses the Cronbach Alpha formula. The analysis prerequisite test used normality test and linearity test, while the hypothesis test used simple linear regression. The results showed that there was a negative influence between the intensity of internet use on student achievement. This is evidenced by the correlation coefficient value of -0.722 and the coefficient of determination (Rsquare) obtained by 0.522. The regression equation obtained is Y=95,228+(-0,578)X. The intensity of internet use among students is in the heavy user category.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


APJII. (2018). Potret Zaman Now, Pengguna & Perilaku Internet Indonesia. Apjii, Vol. 23, pp. 1–7. Retrieved from https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI23April2018.pdf

BPS. (2019). Proporsi Individu Yang Menggunakan Internet Menurut Kelompok Umur (Persen), 2017-2019. Retrieved November 20, 2021, from Badan Pusat Statistika website: https://www.bps.go.id/indicator/27/1228/1/proporsi-individu-yang-menggunakan-internet-menurut-kelompok-umur.html

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Metode Penelitian.

Hakim, S. N., & Raj, A. A. (2017). Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja. Jurnal UNISSULA, 978-602–22(2), 280–284.

Maksum, K., & Winasih, S. K. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Moral Siswa Kelas Tinggi Di SD Negeri Cimpon Desa Tirtosari Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(2), 75. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(2).75-84

Pibriana, D. (2015). Pengembangan Model Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Ranah Kognitif. Jatisi.

Pibriana, D., & Ricoida, D. I. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Mahasiswa ( Studi Kasus : Perguruan Tinggi di Kota Palembang ). Jurnal Jatisi (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 3(2), 105.

Pramuaji, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pengenalan Corel Draw Sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis Di Smk Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 183–189. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17312

Sari, A. P., & Utami, N. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 13 Kerinci. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 1. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2647

Siri, M., Fitriyani, & Herliana, A. (2017). Analisis Sikap Pengguna Paytren Menggunakan Technology Acceptance Model. Jurnal Informatika, 4(1), 66–75.

Soemantri, S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Konseptual Tempo Terhadap Tingkat Kesalahan Siswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, Vol.18, 74–85.

Somawati, Julaeha, S., & Andri. (2020). Pemberdayaan Sekolah melalui Sosialisasi dan Pelatihan ICT. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2020, 284–291.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v6i2.11918

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License