Sistem Informasi Berbasis Website Pada Klinik Kecantikan Nastyaderm Karawang Dengan Metode Waterfall

Yuris Alkhalifi, Kartika Puspita

Sari


ABSTRAK

Pelayanan pada klinik kecantikan meliputi penjualan produk, hasil perawatan dan kualitas pelayanan kepada pasien. Namun, seringkali klinik kecantikan mengalami kendala dalam pengelolaan pelayanan, salah satunya klinik kecantikan Nastyaderm Karawang. Permasalahan yang terjadi pada urusan pelayanan diantaranya pengelolaan data pasien, data penjualan, laporan penjualan yang masih dilakukan secara manual dan belum tersedianya informasi mengenai klinik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi pelayanan pada customer service dan penyediaan informasi klinik kecantikan berbasis website. Sistem informasi didesain menggunakan UML (Unified Modeling Language), ERD (Entity Relationship Diagram) dan LRS (Logical Record Structure) dengan bahasa pemrograman PHP menggunakan framework codeigniter dan bootstrap library. Hasil dari sistem informasi ini adalah tersedianya fasilitas yang memudahkan dalam pengelolaan data pasien, data penjualan produk, serta laporan penjualan yang secara otomatis dan tersedianya informasi mengenai klinik sehingga dapat mengoptimalkan pengelolaan data dan dapat memasarkan produk serta pelayanan yang ada pada klinik.

ABSTRACTS

Services at beauty clinics include product sales, treatment results and quality of service to patients. However, beauty clinics often experience problems in managing their services, one of which is the Nastyaderm Karawang beauty clinic. Problems that occur in service matters include the management of patient data, sales data, sales reports which are still done manually and the unavailability of information about the clinic. This study aims to create a service information system for customer service and the provision of website-based beauty clinic information. The information system is designed using UML (Unified Modeling Language), ERD (Entity Relationship Diagram) and LRS (Logical Record Structure) with PHP programming language use codeigniter framework and bootstrap library. The result of this information system is to provide facilities that make it easy to record patient data, record product sales, make sales reports automatically and provide information about clinics so that they can optimize data management and can market products and services at the clinic


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfian, M., & Retnoningsih, E. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Pada SMK PGRI 1 Tambun Selatan. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 3(2), 201–214.

Aryamti, A. S., & Suyanto, A. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Pada Kepuasan Pelanggan Klinik Kecantikan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. EProceedings of Management Telkom University, 06(01), 131–138. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/8544/8796

Dennisa, E. A., Santoso, S. B., & Manajemen, J. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 5(3), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Fauzi, A., Khotimah, S., Faittullah Akbar, M., & Nurohim, G. S. (2021). Pengolahan Data Keuangan Pada Usaha Klinik Kecantikan Menggunakan Aplikasi Zahir Accounting Versi 5.1. In Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JASIKA) (Vol. 1, Issue 2). http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jasika90

Olga Stephanie Gloria. (2017). Perlindungan Hukum Pasien Klinik Kecantikan (Studi Kasus Konflik Dalam Klinik Kecantikan Di Semarang).

Pasaribu, J. F., Salim, R. M., & Salsabila, Z. (2019). Desain Website Pemesanan Jasa Perawatan Kecantikan Dan Penjualan Produk Kecantikan Pada Gonova Beauty Care. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1). https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1580

Puspita, K., Alkhalifi, Y., & Basri, H. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Website Dengan Metode Spiral. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 23(1). https://doi.org/10.31294/p.v23i1.10434

Putu, N., Paramitha, R., Putu, I. G., Juliharta, K., Lanang, I. G., & Raditya, A. (2019). Penjualan Berbasis Website Pada Rumah Hemas Salon & Boutique. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 11–22.

Sari, S. (2018). Perlindungan Hukum bagi Pengguna Klinik Kecantikan Estetika Berdasarkan Perspektif Hak Konstitusional Warga Negara. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6, 1–16.

Sasmito, G. W., Informatika, J. T., Bersama, H., Mataram, J., 09, N., & Lor, P. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. 2(1). http://www.tegalkab.go.id,

Suana, I. (2019). Sistem Informasi Pada Klinik Kecantikan DR. Inoy Jambi Berbasis Web. Fortech (Journal of Information Technology), 03(02). https://ojs.unh.ac.id/index.php/fortech/article/view/468/404




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v6i2.11660

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License