Metode SOSTAC Untuk Penyusunan Strategy Digital Marketing pada UMKM Dalam Menghadapi Pandemi dan Pasca Pandemi
Abstract
Pandemi covid telah melanda hampir seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Dampak covid-19 telah menyebabkan krisis bagi berbagai sektor. Salah satu sektor yang paling terpukul adalah sektor UMKM, banyak sekali UMKM yang belum siap ketika terjadi pandemi covid-19. Regulasi pemerintah tentang peraturan pembatasan sosial juga menambah masalah lagi bagi UMKM. Dari permasalahan tersebut perlu disusun strategi digital marketing bagi UMKM dalam menghadapi pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi digital marketing bagi UMKM dalam menghadapai pandami covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sostac. Hasil dari penelitian ini adalah strategi digital marketing bagi UMKM terdampak pandemi covid-19.
Full Text:
PDF (87-94)References
(ABDSI), Asosiasi Business Development Services Indonesia. 2020. “Survey Yang Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) Dampak Covid-19 Terhadap UMKM.” Retrieved (http://www.abdsi.id/bappenas-sarankan-umkm-terdampak-covid-19-perlu-pendampingan/).
Anon. 2016. “Cowley, M. (2016). ‘Jellies & Jaffas’: Applying PR Smith’s SOSTAC Model to an Online Confectionary Start-Up. Innovation & Management Science EJournal , September 2016.” (September).
Awali, Husni, and Farida Rohmah. 2020. “Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak COVID-19.” Balanca: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 2:1–14.
Bahtiar, Rais Agil, and Juli Panglima Saragih. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor Umkm.” Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik 7(6):19–24.
Chaffey, Dave. 2015. “SOSTAC Marketing Planning Model Guide.” [Online] Smart Insights.
Pakpahan, Aknolt Kristian. 2020. “Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.” JIHI: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional 20(April):2–6.
Shofiana, Amaliya. 2020. “IMPLEMENTASI PROGRAM AFILIASI BERBASIS VIRTUAL TEAM DALAM UMKM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Implementation of Virtual Team-Based Affiliation Programs in MSMEs as Efforts for Increasing the Economy in the COVID-19 Pand.” SSRN Electronic Journal.
Sihaloho, Estro Dariatno, and Universitas Padjadjaran. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia.” (April).
Smith, P. R. 2011. The SOSTAC(r) Guide To Writing The Perfect Marketing Plan.
Vedprakash, S. 2016. “Digital Marketing Plan Templates.”
DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v9i1.9241
ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)