Metode SOSTAC Untuk Penyusunan Strategy Digital Marketing pada UMKM Dalam Menghadapi Pandemi dan Pasca Pandemi

Zanuar Rifai, Husni Faqih, Dwi Meiliana

Abstract


Pandemi covid telah melanda hampir seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Dampak covid-19 telah menyebabkan krisis bagi berbagai sektor. Salah satu sektor yang paling terpukul adalah sektor UMKM, banyak sekali UMKM yang belum siap ketika terjadi pandemi covid-19. Regulasi pemerintah tentang peraturan pembatasan sosial juga menambah masalah lagi bagi UMKM. Dari permasalahan tersebut perlu disusun strategi digital marketing bagi UMKM dalam menghadapi pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi digital marketing bagi UMKM dalam menghadapai pandami covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sostac. Hasil dari penelitian ini adalah strategi digital marketing bagi UMKM terdampak pandemi covid-19.


Full Text:

PDF (87-94)

References


(ABDSI), Asosiasi Business Development Services Indonesia. 2020. “Survey Yang Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) Dampak Covid-19 Terhadap UMKM.” Retrieved (http://www.abdsi.id/bappenas-sarankan-umkm-terdampak-covid-19-perlu-pendampingan/).

Anon. 2016. “Cowley, M. (2016). ‘Jellies & Jaffas’: Applying PR Smith’s SOSTAC Model to an Online Confectionary Start-Up. Innovation & Management Science EJournal , September 2016.” (September).

Awali, Husni, and Farida Rohmah. 2020. “Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak COVID-19.” Balanca: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 2:1–14.

Bahtiar, Rais Agil, and Juli Panglima Saragih. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor Umkm.” Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik 7(6):19–24.

Chaffey, Dave. 2015. “SOSTAC Marketing Planning Model Guide.” [Online] Smart Insights.

Pakpahan, Aknolt Kristian. 2020. “Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.” JIHI: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional 20(April):2–6.

Shofiana, Amaliya. 2020. “IMPLEMENTASI PROGRAM AFILIASI BERBASIS VIRTUAL TEAM DALAM UMKM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Implementation of Virtual Team-Based Affiliation Programs in MSMEs as Efforts for Increasing the Economy in the COVID-19 Pand.” SSRN Electronic Journal.

Sihaloho, Estro Dariatno, and Universitas Padjadjaran. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia.” (April).

Smith, P. R. 2011. The SOSTAC(r) Guide To Writing The Perfect Marketing Plan.

Vedprakash, S. 2016. “Digital Marketing Plan Templates.”




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v9i1.9241

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License