PENERAPAN ANALITYC HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM MEMILIH GADGET SMARTPHONE

Lutfi Syafirullah, Joko Dwi Mulyanto

Abstract


Gadget merupakan kebutuhan sekunder yang berperan penting dalam membantu aktivitas manusia sehari-hari. Industri gadget-pun terus berkembang pesat dimana setiap produk menawarkan kemajuan inovasi dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pemakainya. Memilih gadget tentunya bukanlah hal yang mudah, semakin banyak vendor yang memproduksi gadget maka pilihan konsumen dalam menentukan gadget akan semakin bervariasi. Dengan kehadiran berbagai macam gadget, diperlukan ketelitian untuk dapat memilih gadget sesuai dengan kebutuhan. Ada baiknya sebelum konsumen menentukan dan membeli salah satu dari banyak pilihan gadget yang disediakan oleh para produsen tersebut, para konsumen juga mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih gadget yang tepat. Hal ini menuntut setiap konsumen agar lebih cermat dalam memilih dan menentukan gadget mana yang dibutuhkan, karena salah dalam memilih gadget tentunya dapat merugikan konsumen. Makalah ini membahas mengenai pengambilan keputusan untuk memilih gadget. Untuk memecahkan masalah ini penulis menggunakan metode Analytic Hierarchy Process(AHP) serta menggunakan software super decision untuk melihat skala prioritas yang digunakan oleh para konsumen dalam memilih gadget. Harapan penulis metode ini dapat membantu para konsumen dalam memilih gadget terbaik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v2i1.656

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License