PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF MENGENAL JAM DAN WAKTU GUNA MELATIH KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI

Chandra Kesuma, Lita Rahayu

Abstract


Kecerdasan Linguistik (Word Smart) adalah kecerdasan yang melibatkan kemampuan berbahasa. Seorang anak dengan kecerdasan linguistik menonjol umumnya senang mendengarkan cerita, senang bercerita, senang bermain peran, senang bermain tebak – tebakan dan permainan yang berhubungan dengan kata-kata. Program animasi interaktif ini dirancang untuk membantu anak-anak menemukan kesulitan belajar dalam pendidikan pertamanya. Faktanya pembelajaran dengan buku teori dan alat peraga, tidak menemukan titik maksimal dalam mencapai tujuan dari pembelajaran. Keterbatasan alat peraga dan pendamping sebagai pengajar atau orang tua juga mempengaruhi keberhasilan dari proses pembelajaran kepada anak. Untuk menciptakan kesempurnaan dalam mentransfer ilmu yang disampaikan, selain pendamping atau orang tua harus ada faktor pendukung belajar yang interaktif yang akan meningkatkan minat belajar. Belajar mengenal jam dan waktu merupakan pembelajaran bagaimana anak dapat membaca dan mengetahui jam dan waktu kesehariannya. Animasi interaktif merupakan jawaban dari cara pembelajaran yang baru. Anak-anak akan memiliki waktu bermainnya bersamaaan dengan waktu belajarnya karena konsep dari animasi yang berbentuk gambar bergerak dan cerita anak yang lucu. Adanya pembelajaran melalui media animasi ini merupakan pengganti alat peraga yang digunakan sebagai sarana untuk belajar yang lebih mudah digunakan serta lebih mudah dimengerti oleh anak-anak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v2i1.643

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License