PERANCANGAN DAN PEMBUATAN WEBSITE PENJUALAN BIJI KOPI PADA SOCIETY COFFEE HOUSE PURWOKERTO

Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan, Hidayat Muhammad Nur

Abstract


Abstract - As the development of technology and information transaction activity and selling various products can be easily done by making use of the internet network. Prospective buyers can make transactions quicker with prospective sellers over the internet without having to pay a visit to the store first. An entrepreneur or a company can easily do the selling of a product through the website. Society Coffee House was a cafe that sells a wide variety of types of coffee beans ranging from coffee bean international and local coffee beans. Sales of coffee beans in the Coffee House Purwokerto Society still use traditional sales methods so that the insufficient development effort. Sales information system via the internet or online is an approach to the improvement of marketing. The research method used is the quantitative and qualitative. The existence of web-based sales application is becoming the best solution for solving the problems that exist in Society Coffe House so that it can increase the turnover.


Keywords: Website Creation, Sales, Society Coffee House

Abstrak - Seiring perkembangan teknologi dan informasi kegiatan transaksi dan jual beli berbagai produk bisa dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Calon pembeli dapat melakukan transaksi lebih cepat dengan calon penjual melalui internet tanpa harus berkunjung ke toko terlebih dahulu. Seorang pengusaha ataupun sebuah perusahaan dapat dengan mudah melakukan penjualan suatu produk melalui website. Society Coffe House merupakan sebuah kafe yang menjual berbagai macam jenis biji kopi mulai dari biji kopi internasional maupun biji kopi lokal. Penjualan Biji Kopi pada Society Coffee House Purwokerto masih menggunakan metode penjualan dengan cara tradisional sehingga kurang maksimal dalam pengembangan usaha. Sistem informasi penjualan melalui internet atau online merupakan suatu pendekatan yang baik terhadap peningkatan pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Observasi dan Wawancara. Adanya aplikasi penjualan secara berbasis web ini menjadi solusi terbaik untuk pemecahan masalah yang ada di Society Coffe House sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan.


Kata Kunci: Pembuatan Website, Penjualan Biji Kopi, Society Coffee House


References


Abdulloh, Rohi. 2016. Web Programing. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Ahmadi, Hermawan. 2016. E-Business dan E-Commerce. Yogyakarta : ANDI.

Puspitosari, Heni A. 2010. Membangun Website Interaktif dengan Adobe Creative Suite 5. Yogyakarta : Skripta Media Creative.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : AMDI.

Wardana. 2016. Aplikasi Website Profesional dengan PHP dan jQuery. Jakarta : Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v7i1.5030

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License