PENGARUH SUKU BUNGA DEPOSITO DAN LAYANAN ATM TERHADAP EKUITAS MEREK SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENJADI NASABAH DI KANTOR CABANG UTAMA PT BANK JABAR DAN BANTEN TBK

Donni Juni Priansa, Bertha Musty

Abstract


Abstract - Banks are business entities that raise funds from the public and channel them to the public in the form of credit or other forms. Associated with the function of the banking, deposit and ATM services are two important things that are often considered by consumers. This study aims to analyze the influence of deposits interest rates and ATM services to brand equity, as well as the influence of deposits interest rates, ATM services, and brand equity on consumer's decision to become a customer. This study uses descriptive and explanatory survey, with primary data obtained from questionnaires. The population of this research is consumers that’s become customers at PT Bank Jabar Banten Tbk Branch Office and utilizing deposits and ATM services. The unit of analysis in the study were 40 samples were obtained by using the formula Slovin, while sampling technique used was simple random sampling. Data were analyzed using path analysis with SPSS 20.00. The results showed that the deposits interest rates and ATM services has positive dan significant effect on brand equity. The study also found that deposits interest rates, ATM services, and brand equity has a positive and significant effect on the consumer's decision to become a customer at PT Bank Jabar Banten Tbk Main Branches.

 

Keyword: Deposits Interest Rates, ATM Services, and Consumer's Decision

 

 

Abstrak - Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya. Terkait dengan fungsi perbankan tersebut, suku bunga deposito dan layanan ATM merupakan dua hal penting yang sering dipertimbangkan oleh konsumen untuk menjadi nasabah bank. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh suku bunga deposito dan layanan ATM terhadap ekuitas merek, juga pengaruh suku bunga deposito, layanan ATM, dan ekuitas merek terhadap keputusan konsumen untuk menjadi nasabah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan eksplanatori survei, dengan data utama diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang menjadi nasabah di Kantor Cabang Utama PT Bank Jabar dan Banten Tbk yang memanfaatkan layanan deposito dan ATM. Unit analisis dalam penelitian berjumlah 100 sampel yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin, sedangkan teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan SPSS 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suku bunga deposito dan layanan ATM berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek. Penelitian ini juga menemukan bahwa suku bunga deposito, layanan ATM, dan ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk menjadi nasabah di Kantor Cabang Utama PT Bank Jabar dan Banten Tbk.

 

Kata Kunci: Suku Bunga Deposito, Layanan ATM, Ekuitas Merek, dan Keputusan Konsumen


References


Aaker, David. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum.

Boone, Louis E. Kurtz, David L. (2012). Pengantar Bisnis Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Fandy Tjiptono. (2009). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Hermansyah. (2009). Hukum Perbankan Nasional Indonesia Ditunjau menurut Undang-undang No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang No. 10 tahun 1998 dan Undang-undang No. 23 tahun 1999 jo Undang-undang No. 3 tahun 2004 tentang Bank Indonesia. Jakarta: Penerbit Kencana.

Infobank. (2005). Edisi Khusus Automatic Teller Machine (ATM). Jakarta: Infoarta Pratama.

Kotler, Philip dan Gery Amstrong. (2012). Principles of Marketing. New York: McGraw Hill.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. (2009). Marketing Management. New York: McGraw Hill.

Schiffman, Leon & Leslie Lazar Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.

Smith, Gareth, et. al. (2007). The Impact of Brand Extension on Brand Personality in Differing Country Markets: a UK-Australian Comparison. Journal of ANZMAC Marketing in International and Cros Cultural Environtments.

Ujang Sumarwan. (2008). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Undang-undang RI nomor 10 tahun 1998 tentang Perbankan.

Sumber Rujukan Online

www.bi.go.id.

www.investor.co.id




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.93

Copyright (c) 2016 Donni Juni Priansa, Bertha Musty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License