PERANAN PROMOSI MELALUI PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN

Heni Rohaeni

Abstract


ABSTRAKSI

Promosi sangatlah erat kaitannya dengan penjualan sehingga dengan dilakukannya promosi maka akan berdampak pada tingkat penjualan produk di perusahaan. Hal ini dikarenakan semakin efektif promosi yang dilakukan, maka semakin tinggi pula tingkat penjualan produk di perusahaan. Cara promosi dapat dilakukan melalui berbagai macam salah satunya adalah melalui personal selling atau penjualan langsung oleh marketing terhadap calon konsumen potensial. Promosi melalui personal selling perlu dilakukan secara berkala karena itu perusahaan dituntut untuk dapat melaksanakan promosi dengan tepat agar dapat diterima oleh konsumen dan dapat meningkatkan penjualan produk seperti yang diharapkan oleh perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, dalam metode pengumpulan data ini penulis melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek riset yang diamati dimana penulis melakukan pengamatan dengan datang langsung ke Hotel Ririn Bogor pada bagian yang menunjang data penelitian dalam hal ini bagian Marketing Hotel Ririn. Berdasarkan hasil pengamatan penulis untuk dapat menaikan penjualan dan mencapai target penjualan, Hotel Ririn  perlu memperluas target pasar. Perlu diadakan pelatihan bagi karyawan di bagian Marketing. Hotel Ririn seharusnya tidak hanya terfokus melakukan promosi melalui personal selling tetapi juga mempromosikan produk berupa kamar hotel dengan menggunakan strategi yang lain seperti membuat  website Hotel Ririn guna memberikan informasi dan gambaran jelas mengenai Hotel Ririn.

 

Kata Kunci : Promosi, Personal Selling, Volume Penjualan

 

ABSTRACT

Promotion is very closely related to the sale so that the promotion does then it will have an impact on the level of product sales in the company. This is because the more effective promotion is done, the higher the level of product sales in the company. The way the promotion can be done through a variety of one of them is through personal selling or direct sales by marketing to potential prospects. Promotion through personal selling should be done periodically because the company is required to be able to carry out the promotion of the right to be accepted by consumers and can increase product sales as expected by the company. The method used in this study is the observation, the data collection methods have writers do direct observation of the object research were observed in which the authors make observations to come directly to the Hotel Ririn Bogor on the part of the data supporting research in this part of Marketing Hotel Ririn. Based on observations of the writer to be able to increase sales and achieve sales targets, Hotel Ririn need to expand the target market. There should be training for employees in the Marketing. Hotel Ririn should not only focus promotion through personal selling, but also promote the products in the form of hotel rooms by using other strategies such as creating a website Hotel Ririn to provide information and a clear picture of Hotel Ririn.

 

Keywords: Promotion, Personal selling, Sales Volume


References


Alma, Buchori. 2004. Manajemen Pemasaran dan

Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchori. 2009. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kennedi, John E, dan Soemanagara , R. Dermawan. 2009. Marketing Communication. Jakarta: BIP.

Kotler, Philip dan Garry, Amstrong 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo.

Rangkuti, Freddy. 2002. Creative Effective Marketing Plan. Jakarta: Gramedia.

Saladin, Djaslim. 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Permasaran. Bandung: Linda Karya

Shimp, Terence A. 2004. Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga

Suryadi, Didih. 2006. Promosi Efektif Menggugah Minat dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Tugu.

Swasta, Basu, dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.802

Copyright (c) 2016 Heni Rohaeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License