PENGARUH EVENT MARKETING TERHADAP BRAND IMAGE ROKOK DJARUM SUPER MILD PT DJARUM

Ellen Madhalena, Syahputra Syahputra

Abstract


ABSTRACT

 

Cigarette is one of the industry in Indonesia who have an increased annually. From the data obtained for tobacco companies in Indonesia in 2014 may, PT Djarum is in the third position of the tobacco market share in Indonesia based on a survey CNN Indonesia 2014, with low tar nicotine cigarette as a featured product. To achieve company goals, each company uses a strategy of promotion. One of promotion that used is event marketing. Event marketing that implemented by corporate also should be right on target, so that can increasing brand image of the corporate.One of them is Djarum Super Mild. The aim of this study was to determine the influence of event marketing on brand image on Djarum Super Mild. This research is quantitative descriptive data and causal analysiswith multiple linear regression. Respondents surveyed in this study amounted to 100 visitors of event Stage Bus Jazz Tour 2015 with purposive sampling technique. The result of simultaneous showed that event marketing significantly influence brand image of Djarum Super Mild. The result of partially showed that variable of event marketing with dimension involvement has not significantly influence brand, interaction has not significantly influence brand image, intensity significantly influence brand image, individuality has not significantly influence brand image , innovation significantly influence brand image, integrity has not significantly influence brand image.

 

Keywords: Event Marketing, Brand Image, Cigarette

 

ABSTRAK

 

Rokok merupakan salah satu industri di Indonesia yang memiliki peningkatan setiap tahunnya. Dari data yang diperoleh untuk perusahaan rokok di Indonesia pada tahun 2014 bulan Mei, PT Djarum menempati posisi ke 3 pangsa pasar rokok di Indonesia berdasarkan survei dari CNN Indonesia 2014, dengan produk unggulan yaitu rokok low tar nicotine. Untuk mencapai tujuan perusahaan, maka setiap perusahaan menggunakan strategi dalam berpromosi. Salah satu bentuk promosi yang digunakan adalah event marketing. Event marketing yang dilaksanakan perusahaan juga harus tepat pada sasaran agar mengangkat citra merek suatu perusaan bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh event marketing terhadap brand image rokok Djarum Super Mild. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data deskriptif dan kausal dengan metode regresi linear berganda. Responden yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 100 pengunjung event Stage Bus Jazz Tour 2015 dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa event marketing berpengaruh signifikan terhadap brand image rokok Djarum Super Mild. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa variabel event marketing dengan dimensi involvement tidak berpengaruh signifikan terhadap brand image, interaction tidak berpengaruh signifikan terhadap brand image dengan, intensity berpengaruh signifikan terhadap brand image, individuality tidak berpengaruh signifikan terhadap brand image , innovation berpengaruh signifikan terhadap brand image, integrity tidak berpengaruh signifikan terhadap brand image.

 

Kata Kunci : Event Marketing, Brand Image, Rokok


References


A, Shimp Trence. (2003). Periklanan Promosidan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid 1. Diterjemahkan oleh Revyani Sjahrial dan Dyah Anika Sari. Jakarta: Erlangga.

AMA. (2013). American Marketing Association: Definition Marketing Association. http://marketing power.com/AboutAMA/Pages/definitionmarketing.aspx

Amijaya, Fardiman Suria. (2010). Pengaruh Event Sponsorship Acara LA Light Indiefest terhadap Brand Image Produk PT Djarum di Bandung. Skripsi Universitas Widyatama.

Annisa, Maya. (2015). Pengaaruh Event Hilo Goes To School Terhadap Brand Image Susu Hilo School. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.

Indrawan,Rully dan Raden Poppy Yuniawati. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung : PT. Refika Aditama.

Keller, Kevin Lane. (2008). Strategic Brand Management:Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Ney Jersey: Prentice Hall Inc.

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran.Edisi 13. Jilid 1.Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran.Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Kusumawardhani, Astari. (2014). Geliat Bisnis Rokok di Indonesia. http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20141008184114-81-5808/geliat-bisnis-rokok-di-indonesia/.

Marchella. (2015). Jadwal Stage Bus Jazz Tour 2015. http://www.mldspot.com/schedule

Noor, Any. (2013). Manajemen Event. Bandung:Alfabeta

Ryadie, Anton. (2011). Java Jazz Pecahkan Rekor. http://antonryadie.com/2011/03/08/java-jazz-pecahkan-rekor/

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).Bandung: Alfabeta.

Sukoco, Muhammad Hirza. (2014). Pengaruh Pemasaran Event Terhadap Citra Merek Minuman Isotonik Mizone di Surabaya.Jurnal Universitas Negeri Surabaya, Volume 2, No.3

Surachman. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Malang: Bayu Media Publishing.

Hateya. (2014). Top Brand Index 2004 Kategori Rokok. http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2014 (Diakses 16 Oktober 2015)

Wood, Emma H. (2009). Evaluating Event Marketing: Experience or Outcome. Journal of Promotion Management, ISSN: 1049 – 6491




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.797



ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License