TINJAUAN TENTANG KONFLIK PERAN GANDA DAN DUKUNGAN SOSIAL SUAMI TERHADAP STRES KERJA (STUDI PADA DOSEN PEREMPUAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK DI UNIVERSITAS LAMPUNG)

Jeni Wulandari

Sari


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya konflik peran ganda dan dukungan sosial suami terhadap stres kerja yang dialami dosen perempuan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) di Universitas Lampung (Unila). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen perempuan FISIP Unila merasa cukup mengalami adanya konflik peran ganda antara karir dan urusan domestik rumah tangga yang harus dijalaninya, dosen perempuan FISIP Unila juga cukup merasakan adanya dukungan sosial suami dalam menjalani peran ganda yang dihadapinya tersebut, dan terakhir hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen FISIP Unila merasa cukup mengalami stres kerja dalam menjalani peran gandanya sebagai wanita karier dan sekaligus sebagai ibu rumah tangga. Oleh karena itu, pendekatan dari sudut pandang organisasi dapat dilakukan dalam mengatasi stres kerja yang dialami dosen perempuan FISIP Unila, diantaranya memberi pelatihan, meningkatkan komunikasi organisasi formal, atau dapat juga dengan mendesain ulang pekerjaan, dengan lebih memperhatikan beban kerja dosen perempuan, agar dosen yang bersangkutan lebih bisa berkonsentrasi terhadap pekerjaannya dan dapat membagi waktu secara proporsional antara keluarga dan pekerjaan. Dalam penelitian ini memerlukan penelitian lanjutan dengan mempertimbangkan jumlah sampel yang proporsional, untuk mengkaji pengaruh di antara keduanya dengan menggunakan regresi, atau kajian mendalam melalui wawancara dan observasi.

 

Kata Kunci: Konflik Peran Ganda, Dukungan Sosial Suami, Stres Kerja.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anoraga, P. 2001. Psikologi Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arinta, I.L, Azwar, S. 1993. Peran Jenis Androgini dan Konflik Peran Ganda pada Ibu yang Bekerja. Jurnal Psikologi. Yogyakarta: Kanisius, Vol. 2.

Cahyolaksono, M, S. (2008). “Stres Kerja pada Dosen Perempuan Ditinjau dari Konflik Peran Ganda dan Dukungan Sosial Suami”. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katholik Soegijapranata.

Dagun, S.M. 1992. Maskulin da Feminin: Perbedaan Pria-Wanita dalam Fisiologis dan Psikologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Davis, K. Newstrom, J.W. 1995. Perilaku dalam Organisasi. Edisi Ketujuh, Jilid 1. Alih Bahasa: Agus Dharma. Jakarta: Erlangga.

Dikti. 2009. Perspektif Perguruan Tinggi Di Indonesia Tahun 2009. Jakarta: Dikti Depdiknas.

Doelhadi, E.M.A. (1997). “Strategi dalam Pengendalian dan Pengelolaan Stres”. Anima, Vol. XIII, (48), Hal. 378-386.

Fauziah, S. (1999). “Hubungan Antara Kemampuan Manajemen Waktu dan Dukungan Sosial Suami Istri dengan Tingkat Stres pada Ibu Berperan Ganda”. Anima, Vol 15, (1), Hal 33-35.

Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., Donnely, J.H. 1995. Organisasi, dan Manajemen, Perilaku, Struktur, Proses. Edisi Kelima, Jilid 2. Alih Bahasa: Agus Dharma. Jakarta: Erlangga.

Habel, P., Martha Bethania Prajna & Prihastuti. (2013). “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Konflik Peran Ganda pada Guru Wanita di Kota Surabaya”. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol.2, (01).

Hardjana, A.M. 1994. Stres Tanpa Distres. Yogyakarta: Kanisius.

Ihromi, T.O. (1990). “Para Ibu yang Berperan Tunggal dan Berperan Ganda”. Laporan Penelitian. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI.

Indriantoro, Nur, dan Supomo, Bambang.1999. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Indrawan, Rifky. (2009). “Pengaruh Konflik Peran Terhadap Stres Kerja dengan Ketidakpastian dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Irwanto. 1991. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Karnadi. 2006. Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: B.P. Cipta Jaya.

Kumolohadi. (2001). “Tingkat Stres Dosen Perempuan Universitas Islam Indonesia Ditinjau dari Dukungan Sosial Suami”. Psikologika. Vol. VI, (12), Hal 29-40.

Luthans, F. 2002. Organizational Behaviour. 9th Edition. New York: Mc.Graw Hill Irwin.

Moen, P. and McCain. (1987). “Employed Parents Role Strain, Work Time Preferences for Workingless”. Journal of Marriage and The Family, Vol 75, p. 579-590.

Nazir, Moh. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gandisa Indonesia.

Pangastuti, V.I. (2001). “Konflik Peran Ganda Ibu Bekerja Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Asertivitas”. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Khatolik Soegijapranata.

Rachmat, J. 1986. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Jakarta: Prehalindo.

Robbins, Stephen P. & Mary Coulter. 2007. Manajemen (terjemahan). Edisi Kedelapan. Jakarta: PT. Indeks.

Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Edisi 12. Buku 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Rosyid, H. F. (1997). “Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Burn Out pada Perawat Putri di Rumah Sakit Swasta”. Psikologika, Vo. II, (4).

Saptari, R., dan Holzner, B. 1997. Perempuan Kerja dan Perubahan Sosial, Sebuah Pengantar Studi Perempuan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Shaevitz, H.H. 1991. Wanita Super. Alih Bahasa: A.G. Lunandi. Yogyakarta: Kanisius.

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian. 2006. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Smet, B. 1994. Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

________. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Tidd, Simon and Raymond A. Friedman. 2002. Conflict Style and Coping with Role Conflict: An Extention of The Uncertainty Model of Work Stress. Available online at http://www.ssrn.com.

Wijono, S. 1993. Konflik dalam Organisasi atau Industri dengan Strategi Pendekatan Psikologis. Semarang: Universitas Kristen Satya Wacana.

Yanita dan Zamralita. (2001). “Persepsi Perempuan Primipara Tentang Dukungan Suami dalam Usaha Menanggulangi Gejala Depresi Pasca Salin”. Phronesis, Vol 3, (5), h. 47.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v3i1.79



ISSN: 2549-8932

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License