Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan

Erick karunia

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pendidikan  terhadap loyalitas siswa dengan kepuasan  sebagai variabel intervening pada Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 936 orang mahasiswa dengan karakteristik yaitu mahasiswa aktif Universitas Borneo Tarakan yang telah menempuh studi dengan masa studi minimal menjadi mahasiswa lebih dari 2 semester atau 1 tahun masa perkuliahan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Stuctural Equation Model (SEM). Hasil penelitian dengan menggunakan path analysis menunjukkan bahwa kualitas layanan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas Mahasiswa, Kepuasan juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Dalam penelitian ini Kepuasan juga memediasi antara pengaruh kualitas layanan pendidikan loyalitas mahasiswa.


Kata Kunci


Kualitas layaan, kepuasan, loyalitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi.

Fauziah, N., Munir, B. S., & Sinambela, E. (2011). Evaluation of 20 kV cable diagnostic method in field condition. Proceedings of the 2011 International Conference on Electrical Engineering and Informatics, ICEEI 2011. https://doi.org/10.1109/ICEEI.2011.6021536

Firatmadi, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Business Studies.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM dan SPSS 21. In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Pogram iIBM SPSS 21. https://doi.org/10.1126/science.1158668

Heryana, A. (2015). Kerangka Teori, Kerangka Konsep, Variabel Penelitian, Dan Hipotesis Penelitian (Dalam Penelitian Kuantitatif). Metodologi Penelitian.

Kotler, P. (2000). Marketing Management , Millenium Edition. Marketing Management. https://doi.org/10.1016/0024-6301(90)90145-T

Oliver, C. (1997). Sustainable competitive advantage: Combining institutional and resource-based views. Strategic Management Journal. https://doi.org/10.1002/(SICI)1097-0266(199710)18:9<697::AID-SMJ909>3.0.CO;2-C

Prasojo, L. (2009). SISTEM MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI MODERN. Majalah Dinamika Pendidikan.

Rangkuti, F. (2013). Customer Service Satisfaction & Call Center Berdasarkan ISO 9001. In Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Singarimbun, M. (2006). sofian Effendi. Metode Penelitian Survai.

Subagiyo, R., & Adlan, M. A. (2017). Pengaruh Service Quality, Marketing Mix dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Modernisasi. https://doi.org/10.21067/jem.v13i1.1567

Tjiptono dan Chandara. (2005). Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada swalayan luwes purwodadi ). Jurnal Manajemen Pemasaran.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2004). Tjiptono, Fandi. & Chandra, Gregory. (2004). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta; Andi. Jurnal of Business and Management Sciences. https://doi.org/10.12691/jbms-4-4-1

Zeithaml, V. (1988). Consumer Perceptions of Price, Quality, and Value: A Means-End Model and Synthesis of Evidence. Journal of Marketing, 52(3), 2–22. https://doi.org/10.1177/002224298805200302




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v4i1.7620

##submission.license.cc.by4.footer##

ISSN: 2549-8932

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License