DESAIN KEMASAN PRODUK (Analisis Perbandingan: Efektivitas Pelindungan Desain Industri atau Merek )

sudjana sudjana

Sari


Kesuksesan bisnis penjualan  produk  barang tidak semata-mata ditentukan oleh kualitas barang yang bagus  tetapi juga Desain Kemasan produk yang memiliki kesan estetis sehingga dapat menarik minat konsumen untuk membelinya. Kajian ini bertujuan untuk menentukan pelindungan Desain Produk Kemasan dalam  rezim Desain Industri atau Merek 3 (tiga) dimensi dan   efektivitas perlindungan Desain Kemasan Produk  melalui  analisis perbandingan  antara  Desain Industri atau Merek  3 (tiga) Dimensi.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Pendekatan yuridis normatif  dengan menitikberatkan pada data sekunder dan    analisis data  dilakukan melalui normatif kualitatif.

Hasil kajian menunjukan bahwa (1). Desain Kemasan Produk  mendapat pelindungan berganda (double protection), yaitu  pelindungan Desain Industri berkaitan dengan produk  yang  mensyaratkan aspek kebaruan dan memiliki kesan estetis. Selain itu,  Desain Kemasan Produk  juga mendapat pelindungan Merek  3 (tiga) dimensi apabila berupa tanda yang ditampilkan secara grafis  dan memiliki daya pembeda pada barang yang diperdagangkan. (2). Pelindungan Desain Produk Kemasan akan lebih efektif dilindungi melalui Merek 3 (tiga) dimensi karena jangka waktu pelindungan  dapat  diperpanjang dengan persyaratan tertentu sehingga  pemanfaatkan hak ekonomi  lebih lama dibandingkan Desain Industri. Namun, apabila dilihat dari efisiensi biaya pendaftaran, maka pelindungan Desain  Produk Kemasan  melalui Desain Industri lebih efektif  daripada biaya pendaftaran merek karena lebih murah. 


Kata Kunci


Desain Kemasan Produk, Desain Industri, Merek

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfin NF Mufreni. Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha), Jurnal Ekonomi Manajemen Volume 2 Nomor 2 (November 2016) 48-54.

Angelina Diah Kusumasari dan Supriono, (2017), “Pengaruh desain kemasan produk dan daya tarik iklan terhadap brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 49 No. 2 Agustus 2017).

Sidharta, B. Arief (Penerjemah). 2009. Meuwissen tentang Pengembanan Hukum, Ilmu Hukum, Teori Hukum dan Filsafat Hukum. Bandung. PT Rafika Aditama.

Muchlisin Riadi, 2016 https://www. kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-kemasan.html

Cenadi, Christine S. 1999. Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Nirmana volume 1 nomor 1, Unversitas Kristen Petra, Surabaya.

Ghani, Usman dan Kamal, Yasir. 2010. The Impact Of Instore Stimuli On The Impulse Purchase Behavior Of Consumer In Pakistan. Interdisciplanary Journal Of Contemporary Research In Business Vol 2, 8, 155-163.

Helianti Hilman. Tanpa tahun. “Optimalisasi Pemanfaatan Sistem KI dalam menyusun strategi Usaha menghadapi Kompetisi Global”, Kantor Manajemen KI Institut Teknologi Bandung.

I Wayan Mudra, Desain Kemasan Produk, http://repo.isi-dps.ac.id/1077/1/ Desain_ Kemasan_Produk.pdf

Klimchuk, Marianne dan Sandra A. Krasovec. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip Gary Armstrong. 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Louw, A. & Kimber, M. 2007. The Power of Packaging, The Customer Equity Company.

Masayu Endang Apriyanti, 2018, Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan, Jurnal Socio e-kons, Volume 10, No. 1, April 2018, pp. 20-27.

Nico Kansil, Perlindungan Hukum terhadap KI, Makalah pada Seminar Nasional KI, UNDIP Semarang, tanggal 27 April 1993.

Ranti Fauza Mayana. 2004, Perlindungan Desain Industri di Indonesia dalam Era Perdagangan Bebas, Jakarta: Grasindo.

Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia.

Simamora, Bilson. 2007. Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Soekanto, Soerjono & Sri Mamudji. 2001. Penelitian Hukum Normatif (Suatu Tinjauan Singkat), Rajawali Pers, Jakarta.

Vita Dhameria, SAB. 2014. Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang).

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri, LN Tahun 2000, Nomor 243.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, LN Tahun 2016, Nomor 252.




DOI: https://doi.org/10.31311/jeco.v4i1.7342

##submission.license.cc.by4.footer##

ISSN: 2549-8932

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License