DESAIN KEMASAN PRODUK (Analisis Perbandingan: Efektivitas Pelindungan Desain Industri atau Merek )
Abstract
Kesuksesan bisnis penjualan produk barang tidak semata-mata ditentukan oleh kualitas barang yang bagus tetapi juga Desain Kemasan produk yang memiliki kesan estetis sehingga dapat menarik minat konsumen untuk membelinya. Kajian ini bertujuan untuk menentukan pelindungan Desain Produk Kemasan dalam rezim Desain Industri atau Merek 3 (tiga) dimensi dan efektivitas perlindungan Desain Kemasan Produk melalui analisis perbandingan antara Desain Industri atau Merek 3 (tiga) Dimensi.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Pendekatan yuridis normatif dengan menitikberatkan pada data sekunder dan analisis data dilakukan melalui normatif kualitatif.
Hasil kajian menunjukan bahwa (1). Desain Kemasan Produk mendapat pelindungan berganda (double protection), yaitu pelindungan Desain Industri berkaitan dengan produk yang mensyaratkan aspek kebaruan dan memiliki kesan estetis. Selain itu, Desain Kemasan Produk juga mendapat pelindungan Merek 3 (tiga) dimensi apabila berupa tanda yang ditampilkan secara grafis dan memiliki daya pembeda pada barang yang diperdagangkan. (2). Pelindungan Desain Produk Kemasan akan lebih efektif dilindungi melalui Merek 3 (tiga) dimensi karena jangka waktu pelindungan dapat diperpanjang dengan persyaratan tertentu sehingga pemanfaatkan hak ekonomi lebih lama dibandingkan Desain Industri. Namun, apabila dilihat dari efisiensi biaya pendaftaran, maka pelindungan Desain Produk Kemasan melalui Desain Industri lebih efektif daripada biaya pendaftaran merek karena lebih murah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfin NF Mufreni. Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha), Jurnal Ekonomi Manajemen Volume 2 Nomor 2 (November 2016) 48-54.
Angelina Diah Kusumasari dan Supriono, (2017), “Pengaruh desain kemasan produk dan daya tarik iklan terhadap brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 49 No. 2 Agustus 2017).
Sidharta, B. Arief (Penerjemah). 2009. Meuwissen tentang Pengembanan Hukum, Ilmu Hukum, Teori Hukum dan Filsafat Hukum. Bandung. PT Rafika Aditama.
Muchlisin Riadi, 2016 https://www. kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-kemasan.html
Cenadi, Christine S. 1999. Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Nirmana volume 1 nomor 1, Unversitas Kristen Petra, Surabaya.
Ghani, Usman dan Kamal, Yasir. 2010. The Impact Of Instore Stimuli On The Impulse Purchase Behavior Of Consumer In Pakistan. Interdisciplanary Journal Of Contemporary Research In Business Vol 2, 8, 155-163.
Helianti Hilman. Tanpa tahun. “Optimalisasi Pemanfaatan Sistem KI dalam menyusun strategi Usaha menghadapi Kompetisi Global”, Kantor Manajemen KI Institut Teknologi Bandung.
I Wayan Mudra, Desain Kemasan Produk, http://repo.isi-dps.ac.id/1077/1/ Desain_ Kemasan_Produk.pdf
Klimchuk, Marianne dan Sandra A. Krasovec. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip Gary Armstrong. 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta
Louw, A. & Kimber, M. 2007. The Power of Packaging, The Customer Equity Company.
Masayu Endang Apriyanti, 2018, Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan, Jurnal Socio e-kons, Volume 10, No. 1, April 2018, pp. 20-27.
Nico Kansil, Perlindungan Hukum terhadap KI, Makalah pada Seminar Nasional KI, UNDIP Semarang, tanggal 27 April 1993.
Ranti Fauza Mayana. 2004, Perlindungan Desain Industri di Indonesia dalam Era Perdagangan Bebas, Jakarta: Grasindo.
Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia.
Simamora, Bilson. 2007. Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
Soekanto, Soerjono & Sri Mamudji. 2001. Penelitian Hukum Normatif (Suatu Tinjauan Singkat), Rajawali Pers, Jakarta.
Vita Dhameria, SAB. 2014. Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang).
Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri, LN Tahun 2000, Nomor 243.
Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, LN Tahun 2016, Nomor 252.
DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v4i1.7342
Copyright (c) 2020 Sudjana Sudjana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932
-----------------------
Indexed by:
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License