PENGARUH SERVICESCAPE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI RESTORAN CHAKRA THE BREEZE BSD

Juliana Juliana, Themmy Noval

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang pengaruh servicescape terhadap loyalitas konsumen. Bahasan penelitian Servicescape terdiri dari tiga sub variabel; dimensi ambient, dimensi desain dan dimensi sosial. Dimesi ambient diukur berdasarkan kebersihan lingkungan, temperature fasilitas, pencahayaan yang tepat. Dimensi desain diukur berdasarkan fasilitas fisik yang memuaskan, serta tempat istirahat yang didesain dengan baik. Dimensi sosial diukur berdasarkan komponen karyawan, dan komponen konsumen. Loyalitas konsumen diukur berdasarkan kenyamanan lingkungan, kesenangan konsumen, kepuasan konsumen kesesuaian fasilitas untuk dinikmati konsumen dan kepuasan secara menyeluruh. Penelitian dilakukan di salah satu restoran terkenal di The Breeze BSD yaitu Restoran Chakra. Metode kuantitatif digunakan untuk menganalisa data dengan desain sampel non probability sampling dan hasil diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan dimensi ambient, dimensi desain, dimensi sosial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian didapatkan bahwa dimensi desain mempunyai pengaruh lebih dalam loyalitas konsumen dibanding dimensi lainnya. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai referensi bagi restoran Chakra ataupun restoran lain untuk lebih memperhatikan desain ruangan dan desain arsitektur yang terbaik.

Kata kunci: servicescape, restoran, loyalitas konsumen

 

ABSTRACT


This research
was conducted the influence of servicescape on consumer loyalty. Research discussion Servicescape consists of three sub-variables; ambient dimensions, design dimensions and social dimensions. Ambient dimensions are determined based on environmental cleanliness, temperature of the facility, proper lighting. The design dimensions are made based on satisfying physical facilities, as well as well-designed resting places. Social dimensions are needed based on employee components, and consumer components. Consumer loyalty according to comfort, customer satisfaction, customer satisfaction, suitability of comfort for consumer comfort and full satisfaction. The research was conducted in one of the famous restaurant at The Breeze BSD namely Restaurant Chakra. Quantitative methods are used to analyze data with the design of non-probability sampling samples and the results are processed using SPSS. The results showed the ambient dimensions, design dimensions, social dimensions significantly influence consumer loyalty. The results showed that the design dimension has more than consumer loyalty than other dimensions. The research results can be used as a reference for Chakra restaurants or other restaurants to pay more attention to the best room design and architectural design.

 

Keyword: servicescape, restaurant, consumer loyalty


References


Ada, S. T. P., Eaven, K. O. H., Ahun, B. O. B. A. T., Utami, P., & Suryawardani, B. (2016). PENGARUH SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA KONSUMEN HEAVEN’S CAFÉ AND BOUTIQUE BANDUNG TAHUN 2016). Prosiding SNaPP2016 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, 237–244.

Asdhi, T. dan S. (2017). Pengaruh Servicescape Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Xl Center Malang, JAB Jurnal Aplikasi Bisnis, E-ISSN: 2407-5523 ISSN :2407-3741 471. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis.

Ayunisa, F. (2016). Peran Servicescape Dalam Meningkatkan Hotel Image Dan Revisiting Intention Pada Hotel Bintang 5, Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, Vol. 9 No.2 , September 2016: 269-282, ISSN 2442-9732. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9 (2).

Bordoloi, Sanjeev K.; Fitzsimmons, Mona J. and Fitzsimmons, J. A. (2014). Bordoloi, Sanjeev K.; Fitzsimmons, Mona J. and Fitzsimmons, James A. (2014), Service Management: Operations, Strategy, Information Technology. 8th ed. Singapore: McGraw-Hill Education (Asia).. McGraw-Hill Education.

Hair, J. F. J. et al. (2010)., Multivariate Data Analysis 7th Edition. Pearson Education Limited. Harlow. England (7th Editio). Pearson Education Limited. Harlow. England.

Hendratono, T. (2011). Pengaruh Trust dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Ilmiah Hospitaliti, 1(2). Jurnal Ilmiah Hospitaliti, 1(2).

Hightower Jr, R., & Shariat, M. (2009). Servicescapes Hierarchial Factor Structure Model. Global Review of Business and Economic Research, 5(2), p. 375-398.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabetha. Alfabetha.

Kementerian Perindustrian, (2019).

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta. Andy, Yogyakarta.

Manoppo, F. (2013). Kualitas Pelayanan, dan Servicescape Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Grand Puri Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi”, Vol 1.4. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1.

Musriha. (2011). Pengaruh Servicescape Dan Kualitas Komunikasi Karyawan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Bank Mandiri Di Surabaya. Jurnal Ekuitas. ISSN 1411-0393.Vol.15 No.2. Jurnal Ekuitas, 15.

Pangkey, P. T. (2013). Analisis Servicescapes Terhadap Loyalitas Pengunjung Pada Hotel Berbintang di Manado (Studi Pada Hotel Quality Manado). Jurnal EMBA Vol.1 No.3. Jurnal EMBA, 1 (3).

Putri, Erdina Novita, Sunarti, Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Toko Oen Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 62 No. 1. Malang. P.63-72. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62 (1).

Rijae, Z. M., & Magnadi, R. H. (2018). PENGARUH SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( Studi pada Penumpang Keberangkatan Domestik di Bandara Ahmad Yani Semarang ). 7(1), 1–11.

Sekaran,Uma dan Bougie, R. (2016). Research Methods for Business (7th editio). John Wiley & Sons Limited.

Setiady, T., & Sukriah, E. (2015). FLOATING MARKET LEMBANG SERVICESCAPE INFLUENCE TO VISITOR SATISFACTION AT LEMBANG FLOATING MARKET. Jurnal Manajemen Resort & Leisure, 12 (1), 21–30.

Sujatno, A. B. (2011). Hospitality: Secret Skill, Attitude and Performance for Restaurant Manager. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tjiptono, F. (2015). Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi. ANDI.

Yuliantina, G. A. dan G. (2013). Pengaruh Servicescape Terhadap Loyalitas Tamu Mancanegara Di Alam Kulkul Boutique Resort Bali. Jurnal. Tourism and Hospitality Essentials Journal (THE Journal), Vol .III, No.1, Jakarta. h. 547. Urnal. Tourism and Hospitality Essentials Journal (THE Journal), 3.

Yuniarti, Y. dan and A. (2018). Pengaruh Serviscape Tehadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel (The Effect of Serviscape on Telkomsel Customer Loyalty), Jurnal Digest Marketing Vol. 3 No.1, ISSN: 2338 – 123 X. Jurnal Digest Marketing, 3.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v4i1.6150

Copyright (c) 2020 Juliana Juliana, Themmy Noval

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License