Green Product Dan Gaya Hidup Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian (Studi Kasus Natural Coffee)
Abstract
Orientasi masyarakat dewasa ini memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat produk organik. Hal ini sesuai dengan perubahan gaya hidup dan preferensi masyarakat yang menginginkan hidup sehat. Kondisi seperti itu mendorong dunia usaha untuk bersaing memperebutkan pangsa pasar produk hijau ini. Demikian pula dengan produk natural coffee yang kini cukup banyak diminati dan disukai oleh berbagai kalangan baik remaja, dewasa dan tua. Tujuan dari penelitian ini ingin menjelaskan bagaimana produk hijau dan gaya hidup masyarakat berpengaruh pada keputusan pembelian produk natural coffee. Penelitian ini difokuskan pada 100 orang responden yang merupakan penikmat natural coffee di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh faktor produk hijau dan gaya hidup sebesar 69%. Bagi sebagian masyarakat khususnya penikmat natural coffee menyatakan bahwa produk ini telah sesuai dengan harapan mereka sebagai produk yang disukai dan diminati. Secara mayoritas keputusan pembelian pada natural coffee dilakukan oleh mereka pada kategori pelanggan yang mampu secara keuangan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Albino, V. et all. 2009. Environmental Strategies and Green Product Development: an overview on sustainabilitu-driven companies. Business Strategy and the Environment, 8, 83–96.
Arikunto. 2002. Prosedur Suatu Penelitian; Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Chang, N. J., & Fong, C. M. 2010. Green Product Quality, Green Corporate Image, Green Customer Satisfaction, and Green Customer Loyalty. African Journal of Business Management, 4, 13.
Chinnici, D’Amico, & Pecorino. 2002. A multivariate statistical analysis on the consumers of organic products. British Food Journal, 104, 187–199.
Depkes, R. 2007. Profil Kesehatan 2007. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
Divine, & Lepisto. 2005. Analysis of Healthy Lifestyle Consumer. Journal of Consumer Marketing, 22, 275–283.
Hermawan, A., & Yusran, H. 2017. Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Depok: Kencana.
Kaharu, & Budiarti. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5. https://doi.org/2461-0593
Kasali, R. 2005. Sembilan Fenomena Bisnis. Jakarta: Gramedia.
Kotler, P. 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14th ed). New Jersey: Prentice Hall.
Kriyantono, R. 2010. Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, advertising, komunikasi organisaso, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana.
Mustinda, L. (2016, December 6). Gaya Hidup Sehat, Produk Alami dan “Instagramable” Jadi Penentu Tren. Detik News. Retrieved from https://food.detik.com/info-sehat/d-3364293/gaya-hidup-sehat-produk-alami-dan-instagramable-jadi-penentu-tren
Nugroho, S. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Kencana Prenanda Media.
Pankaj, K. ., & Vishal. (2014). Consumer Adoption of Green Products and Their Role in Resource Management. Indian Journal of Commerce & Management Studies, 5(3), 22–28.
Rahayu, L., Abdilah, Y., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop di Indonesia dan di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis, 43, 121–131.
Ririn. (2008, November 14). Investasi Kesehatan dengan Produk Organik. Republika Newsroom.
Sandu, M. C. (2014). Important elements in consumer’s decision-making process, (4), 365–373.
Setiadi, N. . (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group.
Shaputra, R. (2013). Penerapan Green Marketing pada Bisnis Produk Kosmetik. JIBEKA, 7(3), 47–53.
Steven. (2007, March 26). Why healthy lunch.
Sugeng. (2007, February 28). Indonesia Berpotensi Jadi Produsen Tanaman Organik Dunia. Antara News. Retrieved from http://www.antara.co.id/print/?i=1190369888
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U., & Dkk. (2010). Pemasaran Strategik (Perspektif Value-Based Marketing & Pengkuruan Kinerja). Bogor: IPB Pres.
Supranto. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Swastha, & Handoko, T. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Yuniarti, V. (2015). Perilaku Konsumen, Teori dan Praktek. Bandung: Pustaka Setia
DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v3i1.5508
Copyright (c) 2019 Slamet Heri Winarno, Bryan Givan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932
-----------------------
Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License