STRATEGI MENINGKATKAN MUTU GURU HONORER SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN PGRI KECAMATAN SUKAWENING, GARUT

Suryana Suryana

Abstract


Strategi Meningkatkan Mutu Guru Honorer Sekolah Dasar di Lingkungan PGRI Kecamatan Sukawening adalah penelitian yang menyoroti permasalahan guru yang bersatatus honorer yang tetap dituntut professional. Ada pihak-pihak yang mengakui bahwa dalam dunia pendidikan yang dianggap  ujung tombak adalah para guru yang potensinya sangat dibutuhkan. Namun tidak bisa dibiarkan begitu saja, mereka tetap membutuhkan bimbingan secara organisasional dengan metoda tertentu yang bisa dikombinasikan dengan budaya dan tradisi yang ada di lingkungan sekitar organisasi.  Hal ini jelas membutuhkan program manajemen sumberdaya manusia dengan berbagai strategi dalam meningkatkan mutu. Permasalahan lain pun muncul dari kondisi atau kesejahteraan secara material, karena mereka berstatus honorer. Disini organisasi harus mampu dan sangat dituntut untuk merancang program-program yng sifatnya merangkul para guru honorer untuk tetap mengabdi dan mengembangkan potensinya sebagai pendidik, disamping itu pula organisasi harus menugaskan hal-hal yang bisa membuat para guru honorer mendapatkan kesejahteraan dari hal lain yang ada dalam program organisasi. Dengan memperhatikan dua hal diatas yaitu permasalahan profesionalitas guru dan pribadi guru dalam hal ini adalah kesejahteraan secara material, maka strategi meningkatkan mutu guru honorer bisa berangkat dari dua hal tersebut diatas yang dalam prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Disinilah organisasi memiliki program jangka panjang bagi para anggotanya. 


References


Albon, A. (2007). Introducing Psychology Through Research. Shoppenhangers Road Maidenhead Berkshire England: McGrawHill. Open University Press.

Armstrong, M. (1999). A Handbook of Human Resource Manaqement Practice (7th Editio). London, UK. Dover, USA: KOGAN PAGE.

Aronson, E., Wilson, T. D., Akert, R. M., & Sommers, S. R. (2016). Social Psychology (Ninth Edit). Boston. Columbus. Indianapolis. New York City. San Francisco. Amsterdam. Cape Town. Dubai. London. Madrid. Milan. Munich. Paris. Montréal. Toronto. Delhi. Mexico City. São Paulo. Sydney. Hong Kong.Seoul. Singapore. Taipei. Tokyo.: Pearson. https://doi.org/10.1109/JQE.2010.2089603

Baron, A., & Armstrong, M. (2007). Human Capital Management: Achieving Added Value Through People. London and Philadelphia: Kogan Page. https://doi.org/10.1007/978-3-8349-4575-4

Dahlgaard, J. J., Krinstensen, K., & Kanji, G. K. (2007). Fundamentals of Total Quality Management. LONDON AND NEW YORK: Taylor & Francis: Taylor & Francis Group.

Hill, C. W. L., & Jones, G. R. (2009). Essentials of STRATEGIC MANAGEMENT (Second Edi). Australia • Brazil • Japan • Korea • Mexico • Singapore • Spain • United Kingdom • United States: SOUTH-WESTERN CENGAGE Learning.

Hoyle, D. (2007). QUALITY MANAGEMENT ESSENTIALS (First Edit). AMSTERDAM • BOSTON • HEIDELBERG • LONDON • OXFORD • NEW YORK PARIS • SAN DIEGO • SAN FRANCISCO • SINGAPORE • SYDNEY • TOKYO: ELSEVIER.

Kotler, P., Berger, R., & Bickhoff, N. (2010). The Quintessence of Strategic Management: What You Really Need to Know to Survive in Busness. Heidelberg Dordrecht. London. New York: Springer.

Mahapatro, B. B. (2010). Human Resources Management. New Delhi. Bangalore. Chennai. Cochin. Guwahati. Hyderabad. Jalandhar. Kolkata. Lucknow. Mumbai. Ranchi: NEW AGE INTERNATIONAL (P) LIMITED, PUBLISHER.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2011). Human Resources Management (Thirteenth). Australia. Brazil. Japan. Korea. Mexico. Singapore. Spain. United Kingdom. United States: SOUTH-WESTERN CENGAGE Learning.

Mauch, P. D. (2010). Quality Management: Theory and Application. Boca Raton. London. New York: CRC Press, Taylor & Francis Group.

Miltenberger, R. G. (2012). Behavior Modification: Principles and Procedures (Fifth Edit). Australia • Brazil • Japan • Korea • Mexico • Singapore • Spain • United Kingdom • United States: WADSWORTH CENGAGE Learning. https://doi.org/10.1177/1069072715621532

Nuraeni, H. G., & Alfan, M. (2012). Studi Budaya di Indonesia. Bandung: Penerbit PUSTAKA SETIA Bandung.

Putra, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Manajemen. jakarta: Rajawali pers.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Management (13E. Globa). Boston. Columbus. Indianapolis. New York. San Francisco. Amsterdam. Cape Town. Dubai. London. Madrid. Milan. Munich. Paris. Montréal. Toronto. Delhi. Mexico City. São Paulo. Sydney. Hong Kong. Seoul. Singapore. Taipei. Tokyo.: PEARSON.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.5288

Copyright (c) 2016 Suryana Suryana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License