Kepuasan Wisatawan Terhadap Situs Warisan Budaya Candi Prambanan

Hani Ernawati, Ricky Avenzora, Damiasih Damiasih

Abstract


Penelitian ini mengukur tingkat kepuasan wisatawan dan faktor-faktor yang mempengaruhi dengan mengidentifikasi atribut obyek wisata candi Prambanan dengan menggunakan analisis importance-performance dan regresi berganda Ordinary Least Square. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa tingkat kepuasan wisatawan Candi Prambanan menurut atribut destinasi wisata termasuk dalam kriteria cukup puas. Prosedur kehidupan masyarakat, hasil kreasi manusia, dan fasilitas pariwisata adalah indikator utama kepuasan wisatawan. Kondisi fisik candi (kemegahan candi, taman, keramahan, keselamatan, dan kebersihan) adalah faktor yang sangat memuaskan wisatawan. Fokus pada atribut-atribut tersebut akan meningkatkan kepuasan wisatawan. Sedangkan transportasi umum, area perbelanjaan, restoran, hotel atau penginapan, cenderamata, paket wisata, festival atau upacara budaya, harga tiket, pengeluaran selama perjalanan, dan kecocokan harga memiliki tingkat kepentingan dan kinerja yang rendah, sehingga peningkatan atribut-atribut tersebut tidak harus  menjadi prioritas. Museum dan areal parkir dinilai berlebihan oleh wisatawan.


Keywords


Kepuasan Wisatawan, Atribut Obyek Wisata, Candi Prambanan.

References


Añaña, S., Rodrigues, R. C., Carlos, L., Añaña, S., Rodrigues, R. C., & Carlos, L. (2018). Competitive performance as a substitute for competiveness measurement in tourism destinations : an integrative study. https://doi.org/10.1108/IJTC-07-2017-0035

Chen, C. C., Huang, W. J., & Petrick, J. F. (2016). Holiday recovery experiences, tourism satisfaction and life satisfaction - Is there a relationship? Tourism Management, 53, 140–147. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2015.09.016

Hahm, J. J., Severt, K., & Hahm, J. J. (2018). Importance of destination marketing on image and familiarity. https://doi.org/10.1108/JHTI-10-2017-0002

Hultman, M., Skarmeas, D., Oghazi, P., & Beheshti, H. M. (2015). Achieving tourist loyalty through destination personality , satisfaction , and identi fi cation. Journal of Business Research, 68(11), 2227–2231.https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2015.06.002.

Knez, L. (2015). Conceptualizing tourist satisfaction at the destination level. https://doi.org/10.1108/17506180910962122

Meng, F., Tepanon, Y., & Uysal, M. (2008). Measuring tourist satisfaction by attribute and motivation : The case of a nature-based resort, 14(1), 41–56. https://doi.org/10.1177/1356766707084218

Prambanan, D. I. C. (2014). Persepsi wisatawan mancanegara terhadap fasilitas dan pelayaan di candi prambanan, 6(1), 39–45.

Torres, E. N., Fu, X., & Lehto, X. (2014). Are there gender differences in what drives customer delight? Tourism Review, 69(4), 297–309. ttps://doi.org/10.1108/TR-04-2014-0012

Wiley, J. (2011). Assessing Mainland Chinese Tourists’ Satisfaction with Hong Kong Using Tourist Satisfaction Index 1, 96(August 2010), 82–96.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.4493

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License