Analisis Kompetensi Strategi Sumber Daya Manusia Pada Pelaku Usaha Industri Kreatif

Afriapollo Syafarudin, I Ketut R. Sudiarditha

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi sumber daya manusia para pelaku usaha industri kreatif di Daerah Pengembangan Pariwisata Kabupaten Karangasem Bali. Metode penelitian menggunakan metode eksplanatori, sementara pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data demografis menunjukkan bahwa sebagian besar responden penelitian berjenis kelamin laki-laki, rentang usia antara 46-50 tahun, tingkat pendidikan didominasi lulusan SLTA, dan masa kerja antara 10-15 tahun.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor tertinggi yang dimiliki pelaku usaha industri kreatif tercermin pada dimensi self-confidence. Hal ini berarti pelaku usaha kreatif memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan memiliki perasaan positif terhadap diri sendiri, keyakinan akan kemampuan diri serta pengenalan terhadap potensi diri;  keyakinan akan dapat mengatasi berbagai persoalan dalam meraih mimpi sukses. (2) Communication merupakan masalah yang paling besar. Rendahnya latar belakang pendidikan belum mampu menangani persoalan komunikasi yang dibutuhkan. (3) Adaptability, developing others, dan influence and persuasion merupakan tiga dimensi yang memiliki persentasi yang sama dan cukup besar. Hal ini mengindikasikan pelaku usaha secara cepat dapat menyesuaikan diri di lingkungan yang baru dan memiliki kemampuan untuk melihat kesempatan yang dapat mengubah hambatan menjadi peluang. (4) Teamwork orientation dan leadership dua dimensi yang dikategorikan sama-sama rendah. Rendahnya kerjasama tim pelaku usaha industri kreatif berhubungan dengan rendahnya mempengaruhi orang lain. Temuan hasil penelitian ini bahwa analytical and conceptual thinking dan technical skills adalah dimensi kompetensi yang selalu ada dalam penjelasan ahli, mulai dari Spencer dan Spencer di tahun 1993 hingga Armstrong dan Taylor di tahun 2014; hal ini dapat diartikan kedua dimensi tersebut masih relevan hingga saat ini.


Keywords


Kompetensi, Sumber Daya Manusia, Industri Kreatif, Ekonomi Kreatif.

References


Armstrong, Michael dan Stephen Taylor. (2014). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page Limited.

Armstrong, Michael. (2010). Armstrong’s Essential Human Resource Management Practice. London: Kogan Page Limited.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pusat Statistik (BPS). (2017). Buku Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif, 2017.

Bergeron, Bryan. (2013). Essentials of Knowledge Management. New Jersey: John Wiley & Sons.

Burrus, Jeremy; Teresa Jackson; Nuo Xi; dan Jonathan Steinberg. (2013). Identifying the Most Important 21st Century Workforce Competencies. ETS Research Report Series.

Chen, Hai Ming and Wen Yen Chang. (2011). Core Competence: From a Strategic Human Resource Management Perspective. African Journal of Business Management, Vol. 5(14), 18 July, 2011. pp. 5738-5745.

Christiana, Yully; Ari Pradhanawati; dan Wahyu Hidayat. (2014). Pengaruh Kompetensi Wirausaha, Pembinaan Usaha dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Usaha: Studi Pada Usaha Kecil dan Menengah Batik di Sentra Pesindon Kota Pekalongan. Diponegoro Journal of Social and Politic. pp. 1-10.

Crawshaw, Jonathan R.; Pawan Budhwar; dan Ann Davis. (2014). Human Resources Management, Strategic and International Perspectives. Los Angeles: SAGE Publications, Ltd.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. (2009). Pengembangan Industri Kreatif Indonesia Menuju Visi Ekonomi Kreatif 2025. (Bekran

Dinas Koperasi (2016). Laporan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Galavan, Robert; John Murray; dan Costas Markides. (2008). Strategy, Innovation, and Change: Challenges for Management. USA: Oxford University Press.

Gorlov, Sergei Mikhailovich; Natalia Vyacheslavovna Lazareva & Victor Alexandrovich Fursov. (2015). Competence-Based Approach to the HR Management Using in Industrial Branch. Asian Social Science; Vol. 11, No. 7; March 27, 2015, pp. 349-355.

Hamid, Abdul, bin Abdullah. (2014). Development of an HR Practitioner Competency Model and Determining the Important Business Competencies: An Empirical Study in Malaysia. International Journal of Management Excellence. Volume 3 No.2 June 2014.pp. 446-461.

Hasan, Ishak. (2011). Penguatan Kompetensi Kewirausahaan dan Daya Saing UKM Komoditi Unggulan Ekspor di Provinsi Aceh. Infokop, Volume 19-Juli 2011: pp. 38-52.

Hertanto, Eko. (2016) https://www.academia.edu/23705861/Kuesioner Kompetensi Karyawan Model Spencer. Diunduh 7 Agustus 2016.

Howkins, John. (2013). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. UK: Penguin; 2nd ed.

https://www.academia.edu/8838021/Ekonomi_Kreatif_Permasalahan_Tantangan_dan_Prospeknya_ Oleh_Syahrul_ED_Direktur_Eksekutif_The_Indonesian_Reform_Institute.

Ivancevich, John M. dan Robert Konopaske. (2013). Human Resource Management. New York: McGraw-Hill Companies.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (2014). Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025.

Lev, Baruch. (2011). Intangible: Management Measurement and Reporting. Washington DC: The Brooking Institution Press.

Mayo, Andrew (2016). Human Resources or Human Capital? Managing People as Assets. New York: Routledge.

Noe, Raymond A. et.al. (2014). Fundamentals of Human Resources Management. New York: McGraw-Hill Companies.

Pandey, Jai Prakash; Sanjay Guha. (2014). Competency Based Human Resource Management in Process Industries with Specific Reference to Bhilai Steel Plant. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM). e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668. Volume 16, Issue 9.Ver. III (Sep. 2014), pp. 20-23.

Sabdarini, Irene Tatyana (2016). Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif, Kerjasama badan Ekonomi Kreatif dan Badan Pusat Statistik.

Spencer, Jr. Lyle M. dan Signe M. Spencer. (1993). Competence at Work. Canada: John Wiley & Sons.

Srimannarayana, M. (2016). Managerial Insight into HR Issues and Competencies Needed for Entry-Level HR Professionals. Journal of Management Research. ISSN 1941-899X. 2016, Vol. 8, No. 2. pp.141-158.

Stor, Marzena and Teresa Kupczyk. (2015). Differences in Competency Management- Comparative Analysis between Polish, Spanish, and Austrian Business Practices. Journal of Intercultural Management. Vol. 7, No. 2, June 2015, pp. 49–74.

UNDP-United Nations Report. (2008). Creative Economy: The Challenge of Assessing The Creative Economy: Towards Informed Policy Making. New York: UNCTAD/DITC/ 2008/2 ISBN 978-0-9816619-0-2.

Woyesa, Teshome; Negalign Berhanu; Fikru Tafese & Geremew Muleta. (2015). Perceived Competency of Human Resource Managers in Referral Hospitals, Ethiopia. Global Journal of Management and Business Research: An Administration and Management. Volume 15 Issue 8 Version 1.0 Year 2015.

Zwell, Michael. (2010). Creating a Culture of Competence. Canada: John Wiley & Sons.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.4459

Copyright (c) 2018 Afriapollo Syafarudin, I Ketut R. Sudiarditha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License