Kesadaran Merek Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian Wisatawan Domestik

Sopa Martina, Lukmanul Hakim

Abstract


Kota Bandung memiliki 15 sentra produksi UMKM dengan berbagai produk yang menjadi destinasi wisata belanja. Salah satunya adalah Sentra Rajut Binong Jati. Meskipun telah berdiri sejak tahun 1960, Sentra Rajut Binong Jati tidak berkembang secepat sentra produksi lainnya. Bahkan di kalangan wisatawan domestik saja masih belum terkenal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran merek dan tingkat keputusan pembelian konsumen pada Sentra Rajut Binong Jati, serta menganalisis pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pemebelian. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan instrumen utama kuesioner. Sampel sebanyak 129 responden ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linear sederhana serta analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menyimpulkan Pertama, tingkat kesadaran merek dan tingkat keputusan pembelian wisatawan domestik pada Sentra Rajut Binong Jati berada pada kategori sedang. Kedua, kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Instagram, search engines optimizer, dan iklan di televisi adalah tiga media teratas yang dapat dipilih sebagai media promosi untuk meningkatkan kesadaran merek Binong Jati. Novelty pada penelitian ini adalah bahwa kontribusi pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian dalam kategori rendah. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan mengukur lebih banyak variabel.


Keywords


Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian, Binong Jati

References


Keller, Kevin Lane, 2013. Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition.Pearson Edication Limited, England.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta.

Macdonald, Emma K. and Byron M. Sharp, 2000. Brand Awareness Effects on Consumer Decision Making for a Common, Repeat Purchase Product: A Replication. Journal of Business Research 48, 5–15 (2000), Elsevier Science Inc.

Peter, J.Paul and Jerry C. Olson, 2010. Consumer Behaviour & Marketing Strategy : Ninth edition. McGraw Hill Companies, New York, USA.

Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.4458

Copyright (c) 2018 Sopa Martina, Lukmanul Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License